Lihat ke Halaman Asli

Humanisme

Diperbarui: 27 Mei 2017   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki harkat dan martabat, yang tidak dimiliki oleh makhluk lain dan manusia juga memiliki Rohani yaitu suatu kepercayaan, dan mempromosikan hal-hal tersebut sangatlah penting untuk menjunjung tinggi manusia.

Humanisme adalah gerakan yang mempromosikan harkat dan martabat manusia untuk menjunjung tinggi manusia, dan berdasarkan humanism manusia adalah makhluk yang paling istimewa dari makhluk lainnya karena memiliki Rohani yang tidak dimiliki makhluk lain.

Selain untuk menjunjung tinggi manusia humanism juga membuat manusia sadar kembali tentang berkat dan martabat rohani manusia, karena etika rohanilah yang membuat manusia sadar untuk bertanggungjawab di dunia ini.

Dengan adanya humanism dapat membuat setiap orang yang sadar akan adanya humanism akan meraasa hidup lebih damai karena setiap orang yang sadar akan humanism akan memiliki rasa tanggungjawab yang besar dan tentunya akan memiliki rasa toleran yang tinggi yang dapt membuat semuanya menjadi lebih saling menghargai dan menghormati.

Dalam hidup ini alangkah baiknya kita saling menyadari adanya sifat humanism di dalam diri kita masing-masing, karena dengan adanya humanism kita dapat mengurangiberbagai macam tindak kekerasan, pencurian, pembunuhan, dan lain-lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline