Lihat ke Halaman Asli

Mochammad Dhafa Nofriandi

Seorang pria yang hobi videografi dan traveling

Pesan Persahabatan dalam Film 5cm

Diperbarui: 16 Januari 2022   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cover Film 5 cm | Sumber: www.imdb.com

Oleh : Mochammad Dhafa Nofriandi, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Film 5 cm merupakan film yang bergenre drama petualangan yang rilis pada tahun 2012. Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Herjunot Ali, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Raline Shah dan Pevita Pearce. Film 5 cm merupakan adaptasi dari novel Donny Dhirgantoro yang berjudul 5 cm. film ini diproduseri oleh Rizal Mantofani.  Selain menampilkan keindahan alam gunung semeru film ini juga menampilkan kekonyolan yang relate dengan anak muda saat ini. Film 5 cm menceritakan tentang persahabatan lima orang remaja yang sudah berlangsung selama sepuluh tahun. 

Seperti pepatah bilang "watak asli seseorang akan terlihat jelas ketika ia sedang mendaki gunung". Mendaki Gunung Semeru merupakan sebuah tantangan mereka untuk menguji seberapa kuat ikatan persahabatan yang telah mereka jalin. Persahabatan yang ada dari petanda dan penanda pada film 5 cm adalah suatu hubungan interpersonal dari penetrasi sosial dimana suatu persahabatan bersifat cyclical, karena persahabatan yang terjadi dalam film ini terjadi dalam siklus timbal balik.

Robert A. Baron dan Byrne D dalam bukunya yang berjudul Psikologi Sosial (2005) menyebutkan bahwa Persahabatan merupakan hal yang dapat direpresentasikan. Persahabatan adalah sebuah hubungan yang menjadikan dua orang atau lebih menghabiskan waktu bersama-sama, kemudian melakukan interaksi dalam berbagai situasi, serta saling memberikan dukungan.

Dalam sebuah persahabatan, akan memunculkan sebuah mimpi dimana mimpi sendiri merupakan motivasi dalam sebuah persahabatan yang dapat mempererat suatu hubungan. Dalam sebuah persahabatan juga akan menimbulkan rasa sayang antara yang satu dengan yang lainya. Persahabatan mengajarkan bagaimana seseorang berkomunikasi antara satu dengan yang lain, sehingga seseorang memperoleh pengalaman untuk menangani konflik dengan baik.

Social Penetration Theory dipopulerkan oleh Irwin Altman & Dalmas Taylor (1973). Teori penetrasi sosial umumnya membahas tentang proses komunikasi interpersonal. Sebuah teori yang menjelaskan perkembangan bertahap dari hubungan interpersonal dalam pertukaran sosial.

Aristotle dalam bukunya yang berjudul Nichomachean Ethics, Book VIII & IX diterjemahkan oleh Embun Kenyowati (2004) menyebutkan bahwa terdapat tiga jenis persahabatan, yaitu persahabatan yang didasarkan atas utility, pleasure dan virtue. Persahabatan berdasarkan utility, di mana kedua orang menjalin persahabatan hanya ingin mendapatkan keuntungan atau manfaat (reprocity) satu sama lain dan masing-masing orang menginginkan timbal balik atau keuntungan yang setara. Yang kedua yaitu persahabatan berdasarkan pleasure, dimana kedua orang menjalin hubungan persahabatan atas dasar kesukaan atau kesenangan (pleasant). Yang terakhir yaitu persahabatan berdasarkan virtue, di mana kedua orang saling memberi kebaikan dengan ketulusan dan cinta, baik bagi kita, baik juga bagi sahabat, dan Aristoteles menyatakan bahwa persahabatan jenis ini adalah persahabatan yang sesungguhnya (sempurna).

Sebuah makna dari film 5 cm dengan menggunakan teori penetrasi sosial dimana teori penetrasi sosial menjelaskan bagaimana hubungan interpersonal berputar karena adanya timbal balik yang terjadi antar tokoh. Persahabatan bukan sekedar teman biasa, persahabatan dibangun di atas rasa kesukarelaan, kebiasaan bersama, dan hubungan timbal balik. Pesan persahabatan dalam film 5 cm mencakup semua aspek kehidupan sosial. Dimana hal tersebut mencerminkan gambaran bahwa manusia tidak terlepas dari pengaruh orang lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri, membutuhkan interaksi manusia. Selain mencakup semua aspek kehidupan sosial, informasi persahabatan dalam film 5 cm juga menunjukkan fungsi persahabatan, yaitu sahabat sebagai kawan, sahabat adalah pemberi semangat, sahabat sebagai pendukung fisik dan ego, dan sahabat adalah pemberi keakraban dan perhatian.

  • Pesan persahabatan yang ada pada film 5 cm

Adapun beberapa nilai pesan persahabatan yang tersirat pada film 5 cm sebagai berikut:

  • Persahabatan sebagai kawan, dimana persahabatan memberi seorang teman akrab, teman yang bersedia meluangkan waktu bersama mereka dan bergabung dalam melakukan kegiatan-kegiatan bersama.
  • Persahabatan sebagai pendorong diamana persahabatan memberikan seseorang informasi-informasi yang menarik, kegembiraan dan hiburan.
  • Persabatan sebagai dukungan fisik dimana persahabatan memberikan waktu, kemampuan-kemampuan dan pertolongan.
  • Persahabatan sebagai dukungan ego dimana persahabatan menyediakan harapan dan dukungan, dorongan dan umpan balik yang dapat membantu seseorang mempertahankan kesan atas dirinya sebagai individu yang mampu menarik dan berharga.
  • Persahabatan sebagai perbandingan sosial dimana persahabatan menyediakan informasi tentang bagaimana cara berhubungan baik dengan orang lain.
  • Persahabatan pemberi keakraban dan perhatian dimana persahabatan memberi seseorang suatu hubungan yang hangat, erat, saling mempercayai dengan orang lain yang berkaitan dengan pengungkapan diri sendiri.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline