Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 064 Desa Suco

Mahasiswa/Universitas Jember, Universitas Islam Jember, ITS Mandala

Kegiatan KKN Kolaboratif 064: Edukasi Pengemasan Produk yang Baik dan Menarik

Diperbarui: 6 Agustus 2023   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret : Warga Desa Suco mengikuti kegiatan "Edukasi Pengamasan Produk yang Baik dan Menarik." Dokpri

Mahasiswa KKN Kolaboratif 064 melaksanakan kegiatan edukasi mengenai cara pengemasan produk yang baik dan menarik serta pembelajaran labeling yang informatif pada sebuah kemasan dalam memudahkan konsumen mengetahui informasi yang terdapat kandungan di kemasan, lebih tahan lama, dan dapat menarik perhatian pembeli.

KKN Kolaboratif 064 melaksanakan kegiatan ini pada 4 Agustus 2023 di Kantor Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. Kurangnya pengetahuan mengenai pengemasan produk di Desa Suco membuat banyak pelaku UMKM yang masih menjual produknya dengan atau tanpa Brand yang jelas, atau info kemasan yang kurang lengkap seperti hanya nama produk dan berat bersih saja. Pengemasan sangat berpengaruh terhadap keamanan makanan yang ada di dalam kemasan, sehingga hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan. 

Label pada kemasan juga tak kalah penting, untuk memberikan informasi yang jelas pada konsumen sehingga memudahkan dalam mengetahui produk yang akan dibeli. Label kemasan juga dapat merepresentasikan suatu produk dengan kata kata maupun gambar, dimana perannya sebagai sumber informasi lengkap. Maka dari itu, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan pengemasan yang baik, informatif, kreatif, dan tentunya menarik untuk menambah nilai jual pada produk. 

Kegiatan edukasi ini dilakukan bersama pelaku UMKM serta diisi oleh pemateri yang handal dalam bidang tersebut yaitu Tutuk Kurnia Wahyuningtias, SH, M.pd yang dimana beliau memberikan materi penjelasan mengenai jenis kemasan, logo pada kemasan, kreatifitas kemasan, dan bagaimana membuat kemasan menjadi lebih menarik. Harapan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk membuat kemasan yang sesuai dengan kualitas produk, menarik, hingga dapat menambah nilai jual pada produknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline