Lihat ke Halaman Asli

Mochammad Jose Akmal

Sangat tertarik dengan isu Sosial dan Perpolitikan baik nasional maupun Internasional.

Kenapa Youtuber Asing Betah Ngonten di Indonesia? Ini Alasannya!

Diperbarui: 6 Oktober 2024   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, kenapa belakangan ini banyak banget Youtuber asing yang senang bikin konten di Indonesia? Dari vlog jalan-jalan, makan-makan, sampai mencoba budaya lokal, sepertinya mereka betah banget tinggal dan bikin video di sini. Ternyata, ada beberapa alasan yang bikin Indonesia jadi surga buat para kreator konten luar negeri. Yuk, kita bahas!

 1. Alam yang Nggak Ada Habisnya


Indonesia itu indah banget, nggak heran kalau Youtuber asing terpikat dengan pemandangan di sini. Mau ke pantai di Bali, naik gunung di Jawa, atau diving di Raja Ampat, semuanya punya keunikan masing-masing. Konten yang mereka buat dari tempat-tempat ini selalu bikin mata penonton segar dan nggak bosen. Alam Indonesia tuh kaya banget, dan bagi mereka yang suka eksplorasi, ini tempat yang nggak bakal habis dieksplor.

2. Hidup di Sini Murah!


Kalau dibandingkan sama negara-negara Barat, hidup di Indonesia jauh lebih terjangkau. Dari harga makanan sampai penginapan, Youtuber asing bisa tinggal lebih lama tanpa bikin kantong jebol. Ini bikin mereka bisa keliling lebih banyak tempat dan bikin konten di berbagai daerah. Apalagi buat mereka yang pendapatannya masih belum besar dari YouTube, biaya hidup yang murah jelas jadi keuntungan besar.

3. Budaya yang Beragam dan Unik


Di Indonesia, tiap daerah punya budaya sendiri. Ini jadi daya tarik besar buat Youtuber asing. Mulai dari upacara adat, makanan lokal, sampai tarian tradisional, semua itu jadi konten yang menarik buat penonton luar negeri. Mereka bisa menemukan hal baru di setiap kota atau desa yang mereka kunjungi. Nggak cuma seru buat ditonton, konten-konten ini juga bikin orang-orang di luar sana jadi lebih tahu soal kekayaan budaya kita.

 4. Warga Lokal yang Super Ramah


Satu hal yang sering banget disebut Youtuber asing adalah bagaimana ramahnya orang Indonesia. Mereka sering bercerita kalau di sini, orang-orang nggak segan-segan menyapa, menolong, atau bahkan mengundang mereka untuk ikut merasakan kehidupan lokal. Pengalaman yang hangat dan menyenangkan ini bikin mereka merasa diterima dan betah. Ini juga bikin konten yang mereka buat terasa lebih personal dan menyentuh, karena interaksi mereka dengan masyarakat lokal begitu alami.

 5. Banyak yang Nonton!


Orang Indonesia sendiri suka banget nonton video YouTube, terutama kalau isinya tentang negara kita. Youtuber asing yang bikin konten tentang Indonesia sering dapet engagement yang tinggi dari penonton lokal. Rasa bangga ngelihat negara sendiri ditampilkan di video orang luar bikin banyak penonton Indonesia subscribe dan sering nonton konten mereka. Jadi, selain dapet pengalaman seru, Youtuber asing juga dapet keuntungan dari bertambahnya subscriber dan view.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline