Dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, banyak sekali karakter siswa yang perlu kita ketahui bersama, bahwasanya siswa memiliki kelebihannya masing -- masing, siswa memiliki cara pandang terhadap pemahaman dengan sudut pandangnya sendiri dan di dalam kelas siswa tidak bisa di pukul rata dalam pemahaman di setiap kegiatan pembelajaran.
Perbedaan itu yang membuat guru harus bisa memahami ilmu psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan pendekatan yang lain agar cara dalam mengajar tak lagi salah, hal itu sering terjadi di dalam kelas, kebiasaan yang dilakukan oleh guru seakan akan mendiskriminasi anak yang nakal, anak yang tidak tau dan anak yang malas dalam belajar.
Hal itu tidak sepenuhnya salah siswa, karena dalam pembelajaran, anak sebenarnya mengerti, mana yang dapat membuatnya bahagia dan tidak. Pendekatan itu yang harus terus di pelajari oleh guru agar pendidikan tak lagi salah, agar pendidikan tak lagi kosong dan agar pendidikan dapat menemui tujuannya.
Karena pembelajaran yang efektif dan dapat membentuk karakter siswa adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri dengan melakukan aktivitas yang disukai dengan seluas -- luasnya untuk media pembelajaran yang pada akhirnya siswa dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya bukan malah membunuh potensi karena paksaan yang tidak disukainya.
Tulisan : mochmmad syihabbudin
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H