Lihat ke Halaman Asli

Mochamad Syafei

TERVERIFIKASI

Menerobos Masa Depan

Tak Ada Pemilu 2024

Diperbarui: 26 Februari 2022   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompasiana.com

Kabarnya PKB, Golkar, Nasdem, dan PAN sudah menyetujui untuk meniadakan pilpres 2024. Kemungkinan besar, partai yang setuju tak ada pemilu 2024 akan bertambah. Kemungkinan memang tak ada pemilu 2024.

Belum pernah. Bahkan di zaman pemerintahan otoriter Soeharto pun pemilu selalu dilaksanakan 5 tahun sekali. Masa iya, sekarang kok malah ada yang gitu? 

Mereka yang mengusulkan untuk tidak pilpres di tahun 2024 memiliki banyak alasan. Ada alasan ekonomi, ada juga alasan lainnya. Tapi apakah alasan itu benar sebuah alasan? 

Ada krisis kepercayaan terhadap semua partai, iya. Siapa yang hari ini masih percaya partai kalau setiap partai memiliki ideologi yang jelas? 

Ideologi partai saat ini sepertinya hanya sebuah kepentingan belaka. Ketika mereka masuk ke dalam pemerintahan secara beramai-ramai juga tak ada alasan selain kepentingan. Sesaat. 

Apakah mereka yang tak mau masuk pemerintahan punya ideologi sebaliknya? Kuat tak tergoyahkan? Enggak juga! Cuma tak diajak saja. 

Akan tetapi, nasib negeri ini justru di tangan mereka yang sudah tak lagi kita percaya. 

Jadi pengunduran pemilu sehingga tak ada pilpres di tahun 2024 yang tadinya dirasa sangat mustahil karena akan menabrak konstitusi, bisa jadi akan terjadi karena kepentingan partai partai politik tersebut. 

Mereka selalu mengatasnamakan rakyat. Termasuk pengunduran pilpres ini. Ini tentu sebuah cara licik yang selama ini mulus dimainkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline