Lihat ke Halaman Asli

Mochamad Syafei

TERVERIFIKASI

Menerobos Masa Depan

Membedakan Kritik: Isi dan Cara Menyampaikannya

Diperbarui: 10 Februari 2021   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pixabay.com

Kritik itu ada di mana-mana. Termasuk di dunia kerja. Bahkan karena ada persaingan yang sengit kritik kadang jadi negatif. 

Sering kita lupa bahwa kritik itu dapat dibedakan antara isi dengan cara penyampaian kritik itu sendiri. Jangan sampai dicampur adukkan sehingga bingung sendiri untuk memperbaiki kritik yang berubah menjadi jalan negatif. 

Ada isi kritik. Dan hampir semua orang setuju bahwa kritik selalu berisi sesuatu yang sangat bermanfaat, baik bagi orang yang dikritik maupun terhadap sistem yang dipilih dalam dunia kerja tempat kita berada. 

Kritik muncul karena ada kelemahan dalam sebuah sistem. Atau bisa juga kekeliruan yang dilakukan oleh prlaksana sistem itu sendiri alias manusia nya. Jadi kritik tidak mengharamkan berisi tentang sikap seseorang. 

Jika sistem yang lemah dibiarkan tentu akan merugikan perusahaan, juga orang yang ada di dalam nya. Demikian juga jika ada seseorang, terutama pimpinan yang salah dalam menerjemahkan distem, jika dibiarkan perusahaan juga akan dirugikan. 

Jadi kritik itu bukan hanya tak boleh dilarang, tetapi penting dan perlu.  Kritik justru seharusnya diberikan ruang yang seluas luasnya agar perusahaan atau spa pun seperti negara dapat berjalan sesuai aturan atau konstitusi yang sudah disepakati bersama. 

Persoalan sering terjadi justru pada hsl menyampaikannya. Kritik yang baik selalu mentok jika melalui jalur yang salah atau keliru.  Isi yang baik harus melewati jalur yang baik juga sehingga muncul hasil terbaik. 

Kemungkinan terjadi nya hal demikian, bisa karena perusahaan atau negara tidak memberi ruang terhadap kritik. Bisa juga karena ketidaktahuan dari pengkritik terhadap jalan yang sudah disepakati bersama. 

Jika perusahaan atau negara memberi ruang untuk munculnya kritik, kemungkinan adanya ketidakpuasan akan tertangani dengan baik. Jika pengkritik tahu mekanisme bersama penyampaian kritik juga akan menjadi kan kritik sesuatu yang dibutuhkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline