Lihat ke Halaman Asli

Mochamad Syafei

TERVERIFIKASI

Menerobos Masa Depan

Anies Baswedan Dihabisi di Senayan

Diperbarui: 9 Februari 2021   05:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompascom

Cukup sampai di sini, Anies Baswedan. Dan Anda silakan kembali ke alam Anda. Kira kira begitulah pesan yang disampaikan dari Senayan untuk Anies Baswedan. 

Setelah mengalami gonjang-ganjing, kemudian berakhir dengan hanya menyisakan PKS dan Demokrat yang mendukung perubahan UU Pemilu. Semua partai lainnya sudah menyatukan suara. Kita sedang menghadapi marabahaya virus korona. Kita harus bersatu padu menghadapi marabahaya tersebut. Utak atik UU Pemilu sudah jelas merupakan pintu paling lapang untuk memamerkan perseteruan. 

Sekuat pa pun teriakan kedua partai pendukung perubahan, tak akan bisa berbuat apa-apa. Situasi sudah dikunci. Silakan cari ruang lain untuk ekpresi diri, jika kalian berdua hendak melakukan nya. 

Benarkah hanya untuk korona, pintu perubahan kemudian dilempar dari Senayan? 

Ada yang memaknai lain. Pergerakan yang terasa tapi sering dianggap halu dan serupa hantu. Sesuatu yang biasa dalam politik. Permainan harus cantik. Bukan berpolitik kok meneriaki pihak lain, sehingga jadi impoten ketika pihak lain bilang tak berhasrat untuk menunggangi nya. 

Siapa bilang 2024 masih jauh. 2024 itu sudah ada di otak para perencana itu. Mereka sudah menyusunnya sedemikian rupa. Kalau ada yang bilang belum memikirkan ke arah sana, berarti orang itu sedang pura-pura gila. 

Seperti lautan. Di atas tampak tenang. Di bawah penuh arus saling menyilang. Siapa pun yang hanya mau berpikir tentang permukaan, kakinya sedang tak punya pijakan. 

Politik harus bisa membayangkan aneka kemungkinan. Kalau bisa dihadang kenapa harus dimuluskan? Lalu, langkah pun di susun. Dan daftar nama korban mulai diberi tanda agar jangan sampai lupa. 

Anies Baswedan sempat memiliki potensi besar bertarung di gelanggang nasional.  Tempat duduknya di Merdeka Selatan adalah tempat paling dekat ke Merdeka Utara dibanding yang lainnya. 

Apalagi sudah sempat punya dukungan real yang tak mungkin mengkhianati dia.  Tinggal memainkan isu lain, maka akan datang lainnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline