Lihat ke Halaman Asli

Mochamad Syafei

TERVERIFIKASI

Menerobos Masa Depan

Mereka Bukan Anak Cengeng

Diperbarui: 16 Desember 2020   15:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompascom

Saya yakin, seyakin yakinnya jika mentalitas para pengusaha, terutama pengusaha UMKM adalah para manusia bermental baja. Pantang menyerah kapan pun dan di mana pun.  Jatuh bangun cuma rangkaian perjalanan untuk menjadi lebih baik. 

Ketika pandemi muncul mendadak, memang semua limbung. Tidak menyangka jika badai dasyat datang mendadak dalam gelombang yang tak terkirakan dasyatnya. Bahkan masa depan masih terlihat buram. 

Tak lama. Para mentalitas baja itu toh kemudian bangkit kembali. Dengan wajah yang agak beda. Dengan semangat yang tetap menyala. Tantangan harus ditaklukkan. Tak ada kata mundur meski cuma selangkah. 

Para pejuang tangguh itu rerata anak muda. Mereka yang tak suka menjadi budak siapa pun di negeri yang sudah merdeka. Mereka yang berjiwa bebas melayang mengembang mengarungi cakrawala. 

Dan kita bisa melihat mereka di aplikasi.  Mereka bisa kita jumpai dalam jumlah yang terus bertambah. Mereka bukan manusia cengeng yang menunggu bantuan. Mereka tak pernah merengek untuk kehidupan mereka. 

Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka? 

Pertanyaan itu sebetulnya salah juga. Karena mereka hadir bukan karena bantuan dan demi bantuan siapa pun. Mereka hadir justru membantu kita. 

Keseharian kita makan biasanya tiga kali. Dalam satu keluarga, paling tidak ada 4 orang penghuni. Berati dalam satu keluarga butuh 12 porsi makanan siap makan setiap hari. 

Menu di rumah bisa dibikin, tapi kan rindu rasa lain. Paling tidak, sehari mencoba untuk membeli dari aplikasi. Dan mereka rata rata UKM.  Apalagi mereka yang hadir di gerai gerai bersama. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline