Lihat ke Halaman Asli

Mochamad Syafei

TERVERIFIKASI

Menerobos Masa Depan

Belum Baca

Diperbarui: 7 Oktober 2020   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.com

RUU Cipta Kerja sudah disahkan menjadi UU. Dan sekarang, perang akan berlangsung di jalanan. Dan politik akan saling menikung. 

Pertempuran antara pihak yang mendukung UU Cipta Kerja dengan yang menolak akan memunculkan keseriusan, kesehatan, dan kelucuan kelucuannya tersendiri. 

Dan tulisan ini akan lebih fokus pada kelucuan kelucuan itu. 

UU Cipta Kerja bukan UU biasa. Merupakan omnibus law. Sehingga ketebalannya juga ekstra. 

Dan tahu sendiri kan? 

Apanya? 

Kebiasaan orang-orang itu. Baik yang mendukung maupun yang menolak UU. Bukan hanya UU Cipta Kerja. Terkadang mereka belum baca. 

Belum baca sebetulnya tak masalah. Karena mungkin belum punya waktu. Saking sibuk kerja. Dari pagi sampai pagi lagi. 25 Jam sehari semalam. 

Tapi, mbok ya o, kalau belum baca-baca dulu, bukan terus koar-koar seolah sudah paham tanpa membacanya. Padahal, baca saja belum tentu paham. Masa yang tak baca bahkan belum liat malah merasa paham dan maju sebagai pendukung atau penolak sesuatu yang belum dipahami bahkan belim dibaca. 

Inilah lucunya. 

Budaya literasi yang kurang. Gurunya kurang membimbing dia waktunya dia sekolah. Atau bisa juga gurunya sudah rajin membimbing tapi dianya malah rajin mbolos. Tawuran pula. Dan sekarang pengin bolos dan tawuran lagi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline