Junianto1 dan Mochamad Rifaldi Yanuar2
- Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
- Mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Perikanan _UNPAD, Pangandaran
Definisi Kerupuk Kerang
Kerupuk kerang merupakan salah satu produk olahan dari kerang yang dikonsumsi sebagai bahan pelengkap. Kerupuk juga merupakan makan kering yang dibuat dari tapioka dan juga tepiung sagu dengan atau tanpa penambahan bahan makanan atau bahan tambahan makanan yang diinginkan. Dengan cara digoreng terlebih dahulu.
Dari waktu ke waktu usaha kerang ini mengalami perkembangan dengan pesat dan menjadi salah satu pilihan usaha yang sangat menguntungkan, sehingga banyak masyarakat juga yang menekuni usaha Kerupuk Kerang tersebut . Saat ini pada industri pembuatan Kerupuk Kerang, bahan baku utama yang digunakan hanya isian kerang nya saja, kerang yang digunakan menggunakan kerang hijau.
Kerupuk kerang juga merupakan salah satu produk campuran dari tepung dan kerang. Kerupuk kerang mempunyai beberapa kualitas juga tergantung komposisi bahan yang digunakann nya. Kerupuk kerang cenderung tidak terlalu mengembang tapi menghasilkan rasa yang cukup khas.
ANALISIS KONSUMEN
Analisis konsumen berikut menurut (Kristiningrum et all, 2013) dari beberapa faktor.
- Faktor Sosial
Pihak mayoritas yang membeli produk Kerupuk Kerang adalah keluarga
- Faktor Personal
Pasar Potensial didominasi oleh masyarakat yang berusia 41 -- 50 tahun, dan kebanyakan berprofesi sebagai ibu rumah tangga
- Faktor Pisilogikal
Mayoritas masyarakat yang membeli Kerupuk Kerang tujuan nya adalah sebagai bahan pelengkap makanan