Lihat ke Halaman Asli

Project Based Learning Mahasiswa S1 Penmas FIP UPI Memberdayakan Pemuda di Desa Kopo Sayati

Diperbarui: 27 Desember 2023   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyelenggara Project Based Learning

Desa Kopo Sayati, Kabupaten Bandung - Dalam inisiatif yang proaktif, organisasi pemuda Karang Taruna Kopo Sayati RW 03 terlibat dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) yang diselenggarakan oleh mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Masyarakat (Penmas) FIP UPI, angkatan 2022. PBL ini diberi nama "KAKI DIVA" yang merupakan singkatan dari "Meningkatkan Skill Editing Canva" dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Desember 2023, pukul 20.00 WIB. Proyek ini bertujuan untuk memberikan peluang berharga bagi pemuda untuk mendalami berbagai konsep melalui pembuatan poster inovatif dan kreatif, dengan menekankan pada pemecahan masalah dan kreativitas.

Tujuan utamanya adalah untuk memperdalam pemahaman konsep dan materi di kalangan pemuda yang terlibat, meningkatkan keterampilan penting seperti kerja sama tim, komunikasi, dan berpikir kritis. Proyek ini ditujukan untuk anggota organisasi pemuda setempat, yaitu Karang Taruna Kopo Sayati RW 03, yang dikenal aktif dalam komunitas.

PBL dilaksanakan di Desa Kopo Sayati, Kec. Margahayu, Kabupaten Bandung. Kolaborasi dengan anggota Karang Taruna RW 03 Sayati sebagai kontributor dan tuan rumah secara signifikan memperkaya lingkungan pembelajaran. Keterlibatan aktif mereka memberikan sumber daya penting dan menciptakan atmosfer yang kondusif untuk Pembelajaran Berbasis Proyek.

Keberhasilan "KAKI DIVA" diukur melalui indikator yang beragam. Pertama, peningkatan pemahaman konsep dan materi terlihat, karena peserta mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks dunia nyata melalui proyek. Kedua, peningkatan keterampilan kerja sama tim dan komunikasi terlihat, karena pendekatan PBL mempromosikan kolaborasi di antara peserta. Diskusi, berbagi ide, dan kerja sama tim berkontribusi pada pengembangan keterampilan komunikasi dan kerja sama yang efektif. Ketiga, proyek ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Tantangan untuk menciptakan proyek inovatif mendorong peserta untuk menunjukkan kemampuan berpikir kritis mereka. Keempat, indikator keberhasilan melibatkan kemampuan peserta dalam menciptakan proyek inovatif yang berfokus pada pemecahan masalah. Kebebasan untuk mengeksplorasi dan menciptakan solusi berkontribusi pada pengembangan kreativitas dan inovasi.

Sebagai tambahan, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan editing Canva bagi anggota Karang Taruna. Melalui pembuatan poster, peserta diajak untuk mengasah keahlian editing grafis mereka, memberikan dimensi praktis yang bernilai dalam dunia digital saat ini.

Pelatihan Editing Canva 

Kelompok pemenang kreasi poster

Observasi menyoroti efektivitas praktik langsung dalam PBL, memupuk keterlibatan aktif peserta. Penerapan langsung pengetahuan dalam situasi nyata memperkuat pemahaman dan mempromosikan pembelajaran berbasis pengalaman.

Menambah dinamika "KAKI DIVA," mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Masyarakat (Penmas) FIP UPI, angkatan 2022, turut serta dengan aktif. Keterlibatan mereka membawa dimensi akademis ke dalam proyek, menggabungkan perspektif praktis dan teoritis untuk pengalaman pembelajaran yang holistik.

Upaya kolaboratif ini menunjukkan potensi keterlibatan masyarakat dan metode pembelajaran inovatif dalam memberdayakan pemuda dan memajukan pengembangan keterampilan secara holistik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline