Lihat ke Halaman Asli

M.Saiful M

Edukasi, bisnis

Pemberdayaan Warga Desa Gajahrejo Melalui Edukasi Pengenalan Alat Pengasapan Ikan

Diperbarui: 12 April 2021   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa KKN UM Gajahrejo memberikan edukasi berupa sosialisasi dan pelatihan mengenai pengoperasian alat pengasapan ikan. Pemberian edukasi tersebut bertujuan supaya masyarakat tahu bagaimana cara menggunakan alat pengasapan dengan benar dan untuk menambah sektor perekonomian desa. Sebelum kegiatan dilakukan, mahasiswa melakukan wawancara awal kepada pihak desa, mengenai potensi-potensi yang ada

Kepala desa gajahrejo, pak siswoyo menjelaskan bahwa potensi hasil laut yang ada didesa gajahrejo terbilang cukup banyak. Sehingga pihak desa memperoleh bantuan berupa alat pengasapan ikan dari pihak pemerintah kabupaten. Pemberian alat pengasapan ikan tersebut bertujuan untuk menambah sektor perekonomian desa.

Namun pemberian alat tersebut tidak dibarengi dengan pelatihan pengoprasian alat, sehingga saat warga mencoba alat pengasapan ikan, hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. "Kemudian pernah juga terjadi kebakaran pada alat pengasapannya," tandasnya.  "Disamping itu dari pihak pemerintah juga menambahkan apabila alat pengasapan ikan tidak digunakan maka alat tersebut akan diambil dan akan diberikan kepada desa lain," imbuhnya.

Melihat hasil wawancara sebelumnya, Tim KKN UM berinisiatif untuk memberikan edukasi mengenai alat pengasapan ikan berupa sosialisasi dan pelatihan pengoperasian alat pengasapan ikan. Program kegiatan tersebut mendapat respon positif dari kepala desa dan ibu-ibu PKK.

dokpri

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh tim KKN UM, ibu-ibu PKK, Kopwan dan pokja. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan tujuan yang pertama pengenalan mengenai alat pengasapan dan yang kedua adalah pengoperasian alat. Selama kegiatan berlangsung para peserta tampak antusias dan semangat.

Disamping memberikan edukasi mengenai alat pengasapan, Tim KKN UM juga membuatkan video tutorial mengenai cara mengoperasian alat. Hal tersebut bertujuan untuk dapat memotivasi pihak yang lain untuk mencoba alat pengasapan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan juga masyarakat desa gajahrejo mampu mengimplementasikannya secara mandiri dan dapat meningkatkan perekonomian desa.

Penulis: M.Saiful M-Mahasiswa KKN UM Desa Gajahrejo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline