Lihat ke Halaman Asli

Mochamad Isa Dwi

Hallo saya Isa dari management Universitas Airlangga

Sejarah Pendirian Organisasi Dunia G20 dan Juga Indonesia sebagai Tuan Rumah G20 2022

Diperbarui: 1 Juni 2023   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: Unsplash

Presiden RI Joko Widodo telah menyerahkan secara simbolis palu kepemimpinan Presidensi G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Modi dalam sesi penutupan KTT G20 di Bali. Penyerahan tongkat estafet Presidensi G20 tersebut juga sekaligus menandakan berakhirnya Presidensi G20 india untuk kemudian dilanjutkan di tahun depan oleh India. Kesuksesan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia juga telah ditandai dengan keberhasilan untuk mengadopsi dan mengesahkan Deklarasi Pimpinan G20 atau G20 Bali Leaders' Declaration.

Agenda G20 mengacu pada daftar isu dan topik yang dibahas oleh anggota negara-negara G20 dalam pertemuan tahunan mereka. G20 adalah sebuah forum yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa yang secara kolektif mewakili sekitar 80% dari produk domestik bruto (PDB) global.

Agenda G20 mencakup berbagai isu global yang mencakup kebijakan ekonomi, keuangan, perdagangan, energi, lingkungan, pembangunan berkelanjutan, ketenagakerjaan, kemiskinan, dan berbagai tantangan global lainnya. Tujuan utama dari G20 adalah mempromosikan kerja sama internasional dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta menangani masalah-masalah global yang kompleks.

Isu-isu yang dibahas dalam agenda G20 mencakup pemulihan ekonomi pasca-krisis, stabilitas keuangan global, reformasi sistem keuangan internasional, perdagangan dan investasi, kebijakan energi dan iklim, inovasi dan pembangunan teknologi, pusat ekonomi dan sosial, pekerjaan dan ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan global, keamanan pangan, dan isu-isu global lainnya.

Agenda G20 dikembangkan melalui diskusi, negosiasi, dan kesepakatan antara para pemimpin negara, anggota, menteri, dan pejabat tinggi dari masing-masing negara. Hasil dari pertemuan G20 termasuk pernyataan bersama, rekomendasi kebijakan, dan komitmen kolaboratif untuk mengatasi isu-isu global yang teridentifikasi dalam agenda.

Sejak pembentukannya pada tahun 1999, G20 telah mengadakan pertemuan tahunan di berbagai negara anggota. Berikut adalah daftar negara yang pernah menjadi tuan rumah pertemuan G20:

Amerika Serikat (2008, 2009)

Inggris (2009)

Kanada (2010)

Korea Selatan (2010)

Prancis (2011)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline