Lihat ke Halaman Asli

PMM 76 UMM

Mahasiswa

Penyebaran Covid-19 Meningkat, UMM Kirim Perwakilan Mahasiswa ke Desa Sukomulyo

Diperbarui: 31 Agustus 2021   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Muhammad Berryl Arrahman, Nimas Anfara Afidahayu, Sevina Indah Rahayu, Altrisna Sukma Indriani, dan Nailul Murod perwakilan dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar aksi bagi-bagi masker kepada santri TPQ Hidayatullah di Dusun Biyan, Desa Sukomulyo, Malang.

Mereka adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi & Farmasi yang tengah menjalankan program PMM yakni Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa.

Data resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Minggu 29 Agustus 2021 total pasien covid-19 mencapai 231 orang.

Tentu saja hal tersebut membuat warga sekitar khususnya pedesaan menjadi resah. Edukasi yang kurang kepada masyarakat umum menyebabkan sikap acuh dan meremehkan terhadap pandemi tersebut. Sehingga masyarakat bersikap kurang peduli terhadap himbauan pemerintah.

Kemunculan virus ini berdampak pada kehidupan masyarakat. Bukan hanya persoalan ekonomi saja melainkan pendidikan juga menjadi poin utama dalam pandemi ini. Banyaknya PHK masal serta penutupan sementara tempat pendidikan menyebabkan kekhawatiran masyarakat akan kualitas pendidikan anak-anaknya dan nasib keluarganya.

Maka dari itu PMM yang diadakan di Desa Sukomulyo sedikit dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga tingkat kewaspadaan warga di desa tersebut semakin meningkat. Salah satu program yang telah dilaksanakan ialah bagi-bagi masker kepada santri TPQ Hidayatullah di Dusun Biyan Desa Sukomulyo.

“Penggunaan masker adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan diri di masa pandemic ini. Banyak penyakit menular dari alat pernapasan kita seperti flu dan batuk. Dengan menggunakan masker, setidaknya kita sudah mengurangi resiko tertular penyakit-penyakit tersebut.”  Tutur  Bapak Suwarno salah satu pamong Desa Sukomulyo

Dengan didampingi oleh Agus Supriadi, Lc., M.H.I , selaku dosen pembimbing menjadikan program yang telah disusun menjadi berjalan lebih mudah. “Mahasiswa Mahasiswi yang telah dikirim pihak kampus untuk mengabdi kepada masyarakat ini memang bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi yang dapat mengembangkan kesadaran masyarakat akan isu-isu yang berkembang hari ini.” tutur nya

Mereka juga berharap dengan adanya program PMM ini dapat membantu masyarakat dan memberikan dampak positif terhadap semua pihak yang terlibat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline