"Lebih baik resign daripada harus transit di Manggarai. Sore hari di Manggarai, hanya iman dan taqwa yang bisa jadi pegangan. Transit di Manggarai adalah ujian tertinggi kehidupan."
Ungkapan netizen tersebut merupakan beberapa gambaran dari semrawutnya suasana transit di Stasiun Manggarai, dimana pada jam berangkat dan pulang kerja, stasiun itu berubah menjadi lautan manusia. Ribuan pengguna KRL dapat berkumpul secara serentak untuk naik, turun, atau pindah kereta.
Padatnya Stasiun Manggarai membuat para penumpang merasa frustrasi karena mereka harus menguji kemampuan survival-nya dengan berdesakan, berlarian, hingga berebut kereta. Maklum saja, Stasiun Manggarai merupakan stasiun transit yang menghubungkan banyak jalur KRL dan transportasi lain di Jabodetabek.
Stasiun Blitar dan KA Dhoho-Penataran
Selain Stasiun Manggarai, rupanya baru-baru ini sebuah stasiun di wilayah Jawa Timur juga mengalami hal yang serupa. Stasiun Blitar namanya, sebuah stasiun besar yang terletak di pusat kota Bumi Bung Karno. Mulai 1 Juni 2023 lalu, Stasiun Blitar telah ditetapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai stasiun transit bagi kereta Commuter Line Dhoho-Penataran, sebuah kereta lokal yang menghubungkan banyak kota di Jawa Timur, yakni Surabaya, Malang, Blitar, Kediri, hingga Mojokerto.
Aturan baru dari PT KAI ini sangat berbeda dari aturan sebelumnya, dimana Stasiun Blitar hanyalah stasiun pemberhentian bagi Commuter Line Dhoho-Penataran. Artinya, tidak ada aktivitas transit atau penumpang yang harus pindah kereta. For your information, kereta tersebut memiliki rute memutar, yakni dari Stasiun Surabaya Kota dan kembali lagi ke Stasiun Surabaya Kota. Adapun yang membedakan adalah kereta yang melalui jalur Malang disebut KA Penataran, sedangkan kereta yang lewat jalur Kertosono disebut KA Dhoho. Nah, keduanya bertukar nama di Stasiun Blitar.
Kini, aturan baru PT KAI yang dikenal dengan Grafik Perjalanan Kereta Api atau GAPEKA 2023 mengharuskan KA Dhoho-Penataran untuk mengakhiri perjalanan di Stasiun Blitar dan memutar arah untuk kembali ke Surabaya. Simpelnya, kedua kereta ini pergi sampai Blitar saja lalu langsung putar balik untuk pulang ke Surabaya lewat jalan yang sama.
Stasiun Manggarai cabang Jatim
Perubahan aturan yang radikal ini berdampak pada terjadinya penumpukan penumpang di Stasiun Blitar. Hal ini bisa terjadi karena penumpang dari KA Dhoho Penataran yang tidak mengakhiri perjalanan di Stasiun Blitar terpaksa harus turun dan menunggu rangkaian kereta yang baru untuk melanjutkan perjalanan.
Suasana chaos pun tak terhindarkan karena meskipun merupakan stasiun besar, kapasitas dari Stasiun Blitar tak mampu untuk menampung ratusan bahkan ribuan orang sekaligus.
Dalam satu hari, setidaknya terjadi lima kali momen chaos di stasiun yang berada di ketinggian 167 meter di atas permukaan laut ini. Sesuai dengan jadwal terbaru, KA Dhoho-Penataran akan bertemu pada pukul 4 dan 9 pagi, 1 siang, 4 dan 5 sore, serta 9 sampai 10 malam.