Lihat ke Halaman Asli

Sejarah Bahasa di Dunia

Diperbarui: 3 November 2020   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Asal mula bahasa di dunia berawal dari mana?, Berapa banyak bahasa di dunia ini?, kenapa bahasa di dunia bisa beranekaragam dan factor apa yang menyebabkan kenapa bisa terjadi seperti itu saya akan menuliskan menganai itu.

Menurut saya, Awal mula bahasa di dunia pada zaman prasejarah atau zaman purba ketika itu manusia hanya bisa beinteraksi melalui gerangan suara dan isyarat gerakan, nyala asap jika tanda bahaya, kemudian lama kelamaan bekembang, pada zaman itu orang orang menamai benda atau hewan menurut suara benda atau hewan yang di hasilkan contoh. Kucing : maw . setelah itu mereka bisa menamai 2 benda secara kontruksi seperti misalnya benda hon pel yang artinya pohon apel kombinasi kata kata tersebut yang menjadi cikal bahasa pada waktu itu.

Kemudian tidak berhenti pada saat itu ketertarikan manusia tentang bahasa. Pada zaman kerajaan mesir kuno psammetichus melakukan uji coba memerintahkan dua bayi di kurung dalam dua kandang yang berbeda. Setelah dua tahun anehnya dua bayi tersebut bisa mengucapkan satu kata, bahasa phyrgian menurutmu mereka adalah cikal bakal dari semua bahasa di dunia ini

Bahasa di dunia ini di pekirkarakan ada 7000 bahasa. Mulai dari bahasa Mandarain, Inggris, Spanyol, Jerman, dan Indonesia. Kenapa bahasa di dunia ini bisa beranekaragam? Karena isolasi kebudayaan pada zaman nenek moyang mereka bermigrasi untuk mencari sumber makanan. Kemudian ada yang tertinggal daerah daerah tentuntu sehingga mereka mengadopsi budaya bahasa yang ada di didaerahnya karna sebab kondisi alam, makanan, hewan hewan sekeililingnya penyebab setiap daerah memiliki bahasa yang berbeda. Apalagi di Indonesia Negara kepuluan yang tentunya teriosalasi sehingga menyebabkan uniknya bahasa di Indonesia.

Selanjutnya  menjelaskan fakor yang menyebabkab keanekaragamaan bahasa di Indonesia, ada sekolompok nenek moyang bertemu dengan nenek moyang lainya sehingga mereka berbaur dan membentuk satu bahasa. Kita sebut super language. Contoh nenek moyanng di Negara spanyol dan sekitarnya mempunyai kemiripan bahasa. Juga ada di benua asia korea japan juga mempunyai kemiripan bahasa .Sehingga dapat disimpulkan bahwa factor jarak juga berperan dalam menentukann keragaman bahasa di dunia.

Penulisan ini di tujukan untuk mengerjakan tugas bahasa indonesai Universitas Nahdlatul Ulama'. Nama saya Moch farid fajar Shodiq, prodi S1 Sitem informasi, NIM 3130020002 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline