Lihat ke Halaman Asli

moch syahfrudin

ID : moch03478 || Email : syahfmoch@gmail.com ||

Kriptomnesia Apakah Termasuk Pencurian?

Diperbarui: 12 Oktober 2023   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tak sengaja menemukan sebuah artikel di BBC berjudul "Kriptomnesia Sosial" Bagaimana Masyarakat Mencuri Ide. setelah saya membaca dengan seksama, ternyata jika dicocokkan dengan kondisi masyarakat hingga sampai saat ini hal itu memang banyak terjadi, apalagi dalam lingkup kerja / sekumpulan orang banyak dimana ada persaingan unjuk diri didalamnya. bagaimana dengan kesamaan konten di youtube ? atau di kanal medsos ?. Bagaimana di pemerintahan ? gagasan rakyat kecil, artikel - artikel kritikan dan opini yang selanjutnya diserap menjadi ide / gagasan baru oleh pejabat dan melupakan darimana sumbernya / dengan sengaja tak mau menunjukkan darimana sumber ide itu didapatkan. Ini soal reputasi pengakuan gagasan. Ini ide saya, ini gagasan saya.

Termasuk konten ini, jika tak mencantumkan darimana sumbernya ini juga termasuk penyakit psikologi "Kriptomnesia sosial".

lalu apa itu Kriptomnesia.?, Kriptomnesia adalah memori bawah sadar yang lama terlupakan kemudian muncul kembali. Memori bawah sadar itu lama tersimpan tanpa disadari oleh seseorang, dan ketika memori itu muncul kembali, seseorang tersebut menganggap itu adalah ide/ gagasan / hasil pemikirannya sendiri yang menganggap hal itu sebagai inspirasi baru (wikipedia_kriptomnesia).

Apa bedanya dengan Kriptomnesia sosial ?

Kriptomnesia sosial dalam artikel BBC sedikit saya uraikan dengan beda bahasa adalah bentuk perampasan ide yang lebih problematis, menggambarkan kegagalan kita memberikan penghargaan kepada seseorang / kelompok minoritas yang pertama kali memunculkan gagasan tersebut.

Setidaknya penghargaan intelektual ide itu dapat di apresiasikan dalam bentuk berupa mengatakan ; 

"dari buku yang pernah saya baca" , "ucapan yang pernah saya dengar dari si bapak penjual es keliling" , "dari sebuah gagasan diradio yang pernah saya dengar" 

ataupun jika dalam bentuk tulisan setidaknya mencantumkan minimal nama penulisnya.

Pada dua artikel yang saya baca dan saya pahami. 

Kriptomnesia gagasan itu muncul dan ketika dilakukan belum menunjukkan adanya sebuah tanda tanda plagiarisme namun hanya nampak saat sudah dimunculkan / diwujudkan dalam bentuk sesuatu yang dimunculkan berupa karya.

sedangkan Kriptomnesia Sosial adalah secara sadar tahu dan ingat ide yang didapatkan darimana namun terus melakukan apa yang telah diingatkan kembali apa yang pernah didengar dan mengungkapkan kembali / memunculkan karya serupa tanpa menyebutkan darimana ide itu berasal dan mengakui hal itu adalah ide baru darinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline