Lihat ke Halaman Asli

Mobidevdaydetroit

mobidevdaydetro

Cara Investasi Saham yang Perlu Diketahui Pemula Sebelum Memulai Investasi

Diperbarui: 15 Oktober 2021   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Cara memulai investasi saham mungkin masih belum banyak diketahui. Risiko saham yang tinggi sebenarnya tak selalu berarti akan rugi, karena, potensi untung yang ditawarkan juga sangat banyak. Sayangnya, masih banyak yang belum paham mengenai cara investasi saham dengan baik. Padahal, investasi ini bisa sangat menguntungkan walaupun risikonya tinggi.

Investasi saham juga bisa menjadi sarana untuk membeli perusahaan yang bersangkutan. Seakan -- akan, kalian menjadi seorang pemilik dari saham besar. Untuk kalian yang ingin memulai investasi, ada beberapa cara investasi saham untuk pemula yang harus kalian ketahui terlebih dulu. Apa saja? Yuk simak.

1. Pilih Perusahaan Sekuritas

Cara pertama harus kalian mulai dengan memilih dan mencari perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek serta rekening dana nasabah atau RDN. Rekening efek atau rekening saham sendiri digunakan untuk menyimpan saham yang kalian punya.

Lalu, RDN digunakan sebagai rekening untuk menyimpan uang yang ditransaksikan untuk menjual beli saham. RDN sendiri dikelola oleh bank dan sejauh ini sudah ada 16 bank yang sudah bekerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI.

Kalian bisa memilih perusahaan sekuritas yang punya kinerja baik. Namun, tetap saja harus kalian perhatikan juga perusahaan tersebut sudah diawasi oleh OJK atau belum. Lebih baik memilih yang sudah diawasi oleh OJK ya!

2. Sertakan Dokumen Yang Disyaratkan

Langkah selanjutnya setelah memilih perusahaan sekuritas adalah menyiapkan dokumen. Agar rekening saham kalian jadi, kalian harus menyertakan dokumen -- dokumen yang disyaratkan, yaitu:

  • KTP
  • NPWP
  • Fotokopi Buku Tabungan
  • Materai 6 ribu

Berkas -- berkas ini harus kalian kirimkan beserta dengan formulir pendaftaran ke kantor perusahaan sekuritas. Setelah itu, permohonan RDN dan juga rekening efek kalian akan diproses. Untuk kalian yang mau tahu cara investasi saham lewat online, kalian bisa menghubungi perusahaan sekuritas tersebut dan mereka akan membantu kalian dalam mendaftar.

3. Setor Dana Awal

Selanjutnya, kalian akan menyetor dana ke Rekening Bank Nasabah atau RDN yang mempunyai Single Investor Identification atau SID. Setelah rekening jadi, kalian diharuskan untuk memasukkan dana. Dana itulah yang lalu nantinya akan kalian gunakan untuk membeli saham.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline