Sebelum Facebook menguasai media sosial di Indonesia, terdapat beberapa media sosial yang sudah terlebih dahulu menembus pasar media sosial di Indonesia. Frienster, hi5, Tagged dan banyak lagi sudah terlebih dahulu menancapkan kaki. Namun ketika Facebook sudah mulai populer, tidak ada yang dapat menghentikan langkah Facebook untuk berkuasa.
Media sosial di Indonesia sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat. Jumlah pembelian smartphone seperti Blackberry sebgian besar dipengaruhi oleh media sosial. Kemudahan untuk mengakses media sosial seperti Facebook dan Twitter dimana saja dan kapan saja menjadikan Blackberry laku keras. Apalagi penawaran data dengan harga yang terjangkau dari berbagai perusahaan telco menjadikan tawaran yang sangat menarik.
Media sosial lokal sempat meramaikan namun masyarakat Indonesia lebih suka memilih yang lebih trendy atau yang dimiliki oleh banyak teman mereka. Sehingga media sosial yang disukai oleh banyak orang menjadi yang dominan. Tren inilah yang menjadikan Facebook dan Twitter sukses besar di Indonesia.
Media sosial memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Keuntungan yang didapat dari media sosial adalah sebuah marketing tool yang low cost namun cukup efektif. Selain itu keuntungan lainnya adalah pengguna yang memiliki jumlah besar dan keragaman demografis yang dimiliki.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H