Lihat ke Halaman Asli

Makanan Halalan Thoyyiban Bagi Pertumbuhan Anak

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Makanan Halalan Thoyyiban Bagi Pertumbuhan Anak

Sebelum kita membahas makanan yang mengandung banyak kalori. Terlebih dahulu apa sih yang anda ketahui tentang kalori? Apasih pengertian dari kalori itu sendiri? Kalori adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalori itu sendiri adalah bahan bakar yang membuat tubuh kita dapat melakukan aktuvitas sehari-hari.

Pada umumnya untuk melakukan berbagai aktivitas, manusia membutuhkan rata-rata 2000 kalori per hari. Oleh sebab itu ada beberapa makanan serta buah-buahan yang mengandung asupan kalori yang tinggi diantarnya:

vMinyak lemak hewani merupakan penyumbang terbesar. Hal ini dikarenakan banyak makanan yang sebagaian besar menggunakan minyak lemak hewani untuk memperoduksi bahan makan yang mengunakan minyak. Para peneliti membuktikan bahwa 100 gram minyak lemak hewani mengandung 902 kalori.

vMinyak sayur kalau tadi membahas tentang minyak hewani sekarang kita membahas tentang minyak sayur fungsinya sama. Kalau tadi minyak hewani sepenuhnya terbuat dari hewan, sedangkan minyak sayur terbuat dari bahan-bahan nabati. Kandungan kalori pada minyak sayur ini memang tidak tinggi seperti minyak lemak hewani, kandungan kalori pada minyak sayur 884 kkol per 100 gram.

vKeripik kentang siapa yang tidak tau makana yang termasuk kedalam ketela-telaan ini. Kentang adalah bahan makanan yang biasa dikosumsi kebanyakan masyarakat Indonesia. Untuk kandungan kentang sendiri 85 kkol. Tetapi setelah dikelola menjadi keripik kentang jumlah kalori meningkat draktis. Hal ini disebakan peroses penggorengan yang menggunakan minyak hewani atau minyak nabati.

vDressing salad pernahkah anda menyantap salad? Makanan yang berasal dari tangan Caesar salad yang lahir di caesaris place di Tijuana, mexico pada 4 juli 1924. Makanan ini banyak mengandung kalori tinggi. Makanan yang terbuat dari sayur-sayuran atau buah-buahan mengandung kalori 631 dar 100 gram salad.

vPisang siapa yang tidak tau tentang buah yang satu ini, buah yang memiliki cita rasa yang tinggi dan makanan favorid pengganti makanan pokok serta nutrisi yang baik buat pertumbuhan anak. Pada awalnya buah pisang ini ditemukan oleh manusia pada tahun 5000 sm. Karena pada zaman dahulu orang lebih suka buah-buahan yang tidak mengandung biji, oleh karena itu mereka menanam pohon yang berbuah tanpa biji. Kandungan kalori pada buah pisang yaitu 86 kkol,per 100 gram. Sekarang buah pisang sudah di sajikan berbagai macam makanan dari keripik pisang, pisang goreng, pisang coklat, dan lain-lain.

vAlpukat buah alpukat adalah buahyang paling kaya akan nutrisi dan banyak digemari karena tekturnya yang kenyal dan rasanya begitu nikmat tidak jarang orang yang mencari buah ini. Alpukat atau nama latinnya advokatt memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksida yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan kalori yang mencapai 160 kkol, per 100 gram sangat cocok untuk stamina baik untuk membantu pertumbuhan anak dan baik bagi orang yang melakukan segala kegiatan aktivitas.

vKurma yang memiliki nama latin phoenix dactylifera merupakan sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di negara timur tengah dan afrika utara. Didalam buahkurma terdapatsumber serat yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Adapun sumber serat yang terdapat didalam kurma itu adalah sumber serat yang larut dan sumber serat yang tidak larut. Sumber serat yang larut ini membantu mengontrol diabetes dengan menurunnya peningkatan kadar gula darah. Sedangkan sumber serat yang tidak larut berfungsi meningkatkan volume fases sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih mudah dikeluarkan. Kandunggan yang terdapat di dalam buah kurma ialah 282 kkol, per 100 gram ada juga yang redaksi lain yaitu 251 kkol, per 100 gram. Kandunagn gula di dalam buah kurma mudah dicerna dan diserap sehingga aman untuk pencernaan anak-anak dan orang dewasa. Kandungan gula juga memberiakan pertahanan tubuh kepada anak yang baru lahir sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit. Hal ini mirip apa yang dilakukan oleh rasulullah denagan imunisasi pada anak balita.

vApel yang memiliki nama latin pyrus malus dan termasuk dalam keluarga rosaceae. Selain rasanya enak, manis, dan menyegarkan tenyata bauh apel memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Adapun kandungan di dalam sebuah 100 g buah apel sebagai berikut : 58 kkol, 14,9g hidratarang, 0,4g lemak, 0,3g protein, 6mg kalsium, 10kg fosfor, 0,3mg zat besi, 90si vitamin A, 0,04mg Vitamin B, 5mg Vitamin C dan 84% kandungan air. Adapun kasiat yang terkandung di dalam buah apel diantaranya:

·Sistem pencernaan

·Diabetes

·Kaya antioksida

·Kesehatan gigi

·Mencegah katarak

·Dan mencegah resiko kanker.

Itulah penuturan makanan yang halallan thoyyiban yang sehat bagi pertumbuhan anak serat baik bagi orang dewasa untuk melakukan aktivitas yang padat. Bagi orang tua yang bingung untuk menyajikan makanan yang sehat bagi anak adakalanya makanan yang ada diatas mungkin cocok bahan untuk menyajikan makanan yang baik dan menyehatkan bagi tumbuh kembang anak baik di masa bayi, pertengahan, dan masa akhir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline