Semua kehidupan tak terlepas dari sejarah baik itu manusia, lingkungan maupun lembaga. Pendidikan anak usia dini dalam mengembangkan kurikulumnya mempunyai sejarah yang sangat panjang berikut ini sejarah perkembangan kurikulum pendidikan usia dini di Indonesia :
Tahun 1964, sistem pendidikan pancawardhana dan mengembangkan 5 aspek.
Tahun 1968, peresmian kurikulum TK dan terdapat 8 bidang yang dikembangkan.
Tahun 1976, lebih menekankan pada pengembangan kepribadian dan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar.
Tahun 1984, Berorientasi pada Cara Belajar Siswa Aktif ( CBSA).
Tahun 1994, Penggunaan tema dan sub tema yang sebagai pokok bahasan dan menggunakan sistem catur wulan.
Tahun 2004 (KBK), Sistem semester dan Guru sebagi fasilitator, motivator bagi anak .
Tahun 2006 (KTSP), Mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan menggunakan Standar Nasional.
Itulah sedikit saya jelaskan pada sejarah perkembangan kurikulum pendidikan anak usia dini semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H