Lihat ke Halaman Asli

Mukhotib MD

consultant, writer, citizen journalist

Tak Perlu Khawatir, Jadilah Seorang Kawan

Diperbarui: 7 November 2022   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Foto Alice Bitencourt dari Pixabay 

Meski sudah tahu pasti, orang tua tetap merasa gagap saat mengetahui anaknya pacaran. Sebagian besar dari mereka lebih dikuasai pemikiran negtaif, galau, gelisah, dan takut. Overthinking. Hanya sedikit dari mereka yang berpikiran positif, dan menganggap pacaran sebagai fenomena wajar yang memang mesti dilalui anaknya yang beranjak remaja.

Kegagapan orang tua, setidaknya karena citra buruk pacaran yang bersumber dari berbagai informasi di media tentang fenomena negatif di kalangan remaja yang berpacaran. Atau bisa jadi juga, ketakutan itu berasal dari dalam diri mereka sendiri karena pengalaman buruk semasa pacaran. Mereka tak ingin situasi tak menyenangkan itu terjadi pada anak-anak mereka. 

Ketakutan dalam pikirannya, mewujud menjadi sikap kehati-hatian yang berlebihan, dan mewujud dalam tindakan yang bersembunyi pada alasan melindungi anak-anak remajanya dari dampak negatif pacaran. Pada tahap paling sederhana mewujud dalam berbagai nasihat dan membiarkan anak remaja itu terus berpacaran, dan pada ujung paling mentok kanan berbentuk pelarangan pacaran dengan berbagai atraksi ancaman: bisa sakit hati sampai berdosa dan masuk neraka.

Sikap dan tindakan orang tua ini tentu saja tidak bijak. Orang tua yang hanya mau menangnya sendiri, dan tak mau mengerti mengenai perkembangan jiwa remaha, yang dulu ia pun mengalaminya. selain itu, sikap buruk ini akan melahirkan konflik berkepanjangan, permusuhan antara orang tua dan anaknya. Lalu akan membuat anak-anak remaja bermasalah dalam pergaulan, dan juga dengan proses belajarnya.

Mengubah Mindset

Orang tua sudah saatnya mengubah mindset tentang remaja yang dibesarkan oleh teknologi informasi. Mereka hidup dalam ketelimpahan informasi, sehingga cukup memiliki bekal sebagai remaja yang memiliki prinsip-prinsip dalam hidupnya. Remaja saat ini juga sudah mengakses berbagai informasi mengenai menjadi remaja yang bertanggung jawab, remaja yang bisa menentukan pilihan-pilihan positif dalam menjalani masa remaja.

Dengan remaja saat ini telah memiliki bekal yang cukup untuk menghindarkan diri dari sikap-sikap pembodohan dan tindakan-tindakan yang merusak masa depan mereka sendiri dengan perilaku-perilaku negatif, seperti konsumsi alkohol dan obat-obat terlarang lainnya. Jika ada remaja yang ternyata memiliki perilaku buruk, maka orang tua harus segera melakukan instrospeksi diri tentang pola asuh dan pola pendidikan anak dalam keluarga.

Perubahan mindset ini akan membawa sikap dan tindakan positif orang tua saat mengetahui anak remajanya sudah mulai pacaran. Orang tua pun kemudian akan terhindar dari berbagai hantu yang menakutkan dalam pikirannya, ketakutan yang ia bangun dari bayangan-bayangan mereka sendiri. Dari asumsi yang miskin dasar argumentasi.

Dialog

Orang tua perlu mengajak dialog dengan anak remajanya yang sedang pacaran, temasuk dengan pacarnya. Dialog akan membangun komunikasi yang berkualitas, dan menjauhkan dari terjadinya konflik antara orang tua dan anak remajanya. Dalam perbincangan santai seperti seorang teman, bukan sedang menasihati, orang tua bisa memasukkan berbagai nilai dan prinsip penting dalam membangun relasi selama masa pacaran. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline