Lihat ke Halaman Asli

MMD UB 786 Wonosalam

MMD-786 Wonosalam

Akun Instagram Kampung WAE Terbaru oleh Mahasiswa Membangun Desa UB Kelompok 786

Diperbarui: 18 Agustus 2023   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Kegiatan Pendampingan Pemasaran Digital Desa Wisata (sumber: dokumentasi pribadi)

Program "Pendampingan Pemasaran Digital Desa Wisata" merupakan salah satu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Membangun Desa (MMD) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya kelompok 786 Desa Wonosalam. Program ini melibatkan 14 mahasiswa Universitas Brawijaya dari berbagai program studi, dengan Bapak Rizki Maulana Ishaq, S.P., M.P. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan mahasiswi Rachel Wisnu Bunga Dwivaliana sebagai penanggung jawab kegiatan.

Program ini bertujuan untuk optimalisasi pemasaran digital bagi desa wisata di Desa Wonosalam.  Harapannya kegiatan ini dapat meluaskan jangkauan pasar sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan, yang berikutnya dapat memberi multiplier effect dengan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat. Dengan peningkatan atau pemerataan ekonomi desa, hal tersebut memberikan dampak positif bagi perkembangan desa.

Gambar 2. Survei Lokasi Kampung WAE (sumber: dokumentasi pribadi)

Program kerja "Pendampingan Pemasaran Digital Desa Wisata" ini dilaksanakan selama masa MMD mulai dari tanggal 1 Juli hingga 2 Agustus 2023. Diawali dengan kegiatan survei destinasi wisata di Desa Wonosalam pada 10 Juli, dengan kegiatan mengidentifikasikan permasalahan dan potensi yang ada terutama dari segi pemasarannya. Kegiatan dilanjut dengan sosialisasi pada tanggal 13 Juli dengan mengundang Bapak Ahmad Suhaib selaku pemateri dari Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi). 

Kemudian terpilihlah destinasi wisata Asidewi Kampung Wae yang terletak di Dusun Wonosalam sebagai sasaran yang akan dilakukan pendampingan pemasaran digital. Kegiatan pendampingan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 Juli dengan hasil terciptanya saluran pemasaran digital berupa akun instagram dan tiktok, dan pendampingan mengenai penggunaan media sosial dan pembuatan konten visual menarik. Selain itu juga membantu dalam membuat akun media sosial agar informasi tentang potensi wisata, akomodasi, dan layanan lainnya seperti paket wisata dapat diakses dengan mudah oleh wisatawan potensial. 

Akun baru Kampung WAE ini dapat dilihat di instagram.com/kampungwae_wonosalam dan  tiktok.com/@kampungwae_wonosalam.

Program "Pendampingan Pemasaran Digital Desa Wisata" ini menjadi salah satu bentuk upaya pengembangan potensi wisata daerah. Para mahasiswa MMD UB 786 merasa bangga dapat berkontribusi positif bagi desa wisata di Wonosalam, terutama Kampung WAE, dan berharap bahwa program serupa dapat terus dilakukan di daerah-daerah lain untuk mendorong pembangunan ekonomi lokal melalui pemanfaatan teknologi digital untuk memasarkan potensi kepariwisataan di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline