Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Julijanto

Dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta

Gali Potensi Anak dengan Kolaborasi Antara Orang Tua dan Guru

Diperbarui: 1 Desember 2023   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pendidikan | KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN 

GALI POTENSI ANAK KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU

Oleh Muhammad Julijanto

Didiklah anak sesuai zamannya. Pendidikan dilakukan di rumah bersama orang tua sebagai leader sekaligus guru, teman, mitra, sahabat, teman bermain, sahabat diskusi, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa pertumbuhan, masa pengembangan dan masa berkiprah di luar rumah.

Pembentukan karakter anak dimulai pada saat di alam rahim ibu, anak sudah diajak bicara dan berkomunikasi. Ketika lahir anak sudah diajak berinteraksi secara langsung dari respon sederhana hingga anak usia balita, dewasa. Mereka dikenalkan dengan berbagai nama barang, benda, yang ada di sekitarnya.

Kurikulum pendidikan anak di keluarga adalah tanggung jawab orang tua, maka kekompakan orang tua dalam merencanakan dan mengimplementasikan pendidikan yang memberdayakan, pendidikan keluarga yang mencerahkan, membuka wawasan dan membuka hati.

Tanggung jawab orang tua di rumah

Selama 24 jam anak berada dalam pengawasan orang tua Ketika berada di rumah, apa yang dilakukan anak sejak bangun tidur dan tidur kembali orang tua mendampingi. Orang tua menjadi sahabat, orang tua menjadi teman, orang menjadi guru, mentor, coach, narasumber, pelatih, mitra, menjadi pathner,

Bersama Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo dalam Latihan Kader Kohati. Dokpri

Orang tua mempunyai kurikulum untuk merekayasa tumbuh kembang anak, dari asupan gizi yang cukup untuk tumbuh kembang dan kecerdasan otaknya. Memberi contoh kepada anak langsung dari kata-kata, ucapan, perbuatan, dan pemikiran, dialog yang kita lakukan kepada anak.

Pembelajaran nilai-nilai, moral, akhlak, budi pekerti, karakter, kepribadian, tingkah laku, etika dalam kehidupan social anak dalam perilaku yang tercermin dalam diri anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline