Lihat ke Halaman Asli

M. Jojo Rahardjo

Penulis ratusan artikel dan video seputar perkembangan neuroscience dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan.

Decision-making, Apalagi Problem-solving Akan Diambil Alih oleh AI

Diperbarui: 29 Desember 2023   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: MIT Technology Review

AI menemukan 700 materials baru yang dibutuhkan untuk pengembangan teknologi (padahal AI ini belum AGI, karena masih di tingkat GPT). Di antara ratusan materials baru itu adalah materials untuk membuat baterai yang jauh lebih baik daripada materials yang sudah ada, seperti nikel, dll.

Sudah pasti nanti AGI akan menemukan lebih banyak lagi materials baru yang sangat penting dalam pengembangan teknologi.

AGI ini juga sudah pasti akan digunakan untuk menemukan solusi bagi penjelajahan ke ruang angkasa yang hingga saat ini masih di level "primitif".

Itu artinya AGI mampu melakukan problem-solving, dan sekaligus decision-making bagi umat manusia tentang teknologi yang bisa atau harus digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk yang penting atau kritis.

Ingat film berjudul "AI" yang dibuat oleh Steven Spielberg tahun 2001? Film itu menggambarkan kepunahan manusia dalam wadah daging, tulang, darah, otak, dlsb, namun pikiran manusia digambarkan tidak punah, karena bertransformasi ke AI.

Orang zaman dahulu jika melihat AI seperti yang digambarkan oleh Spielberg mungkin melihatnya sebagai malaikat, namun AI adalah sebuah teknologi yang mentransformasikan manusia ke versi digital.

M. Jojo Rahardjo
Sejak 2015 menulis ratusan artikel & video seputar perkembangan neuroscience dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline