Lihat ke Halaman Asli

Koperasi, antara Ada dan Tiada

Diperbarui: 12 Juli 2016   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi - koperasi (Kompas.com)

Hari ini, 12 Juli 2015, adalah hari koperasi ke-68. Peringatan hari koperasi diadakan di Kupang, NTT.  Presiden Jokowi mungkin menganggap acara itu tidak terlalu penting. Karenanya, Presiden Jokowi mewakilkan kepada Wapres Jusuf Kalla untuk menghadiri dan memimpin upacara itu.

Tapi hari koperasi (harkop) memang sudah lama diperingati sebagai seremoni basa-basi, hanya karena koperasi dipandang sebagai pengejawantahan dari Pasal 33 UUD 1945 ayat-1. Dalam realitasnya, yang tumbuh dan berkembangan pesat adalah badan-badan usaha non koperasi. Sedangkan koperasi sendiri semakin terpinggirkan. Maka posisi koperasi di Indonesia sebenarnya  antara ada dan tiada.

TIdak demikian halnya di negara-negara lain,  termasuk negara kampiun kapitalis. Koperasi tumbuh dan berkembangan dengan pesat. Pada awal 1997, menjelang krismon,  saya mendapat kesempatan melakukan studi banding tentang koperasi-koperasi di Kanada. Salah satu koperasi yang dikunjungi adalah “Mountain Equipment Coop” (MEC)  yang berkantor pusat di Vancover,  sebuah kota besar di pinggir pantai Lautan Pasifik Kanada.  Koperasi itu didirikan oleh para olahragawan pendaki gunung pada 1971. Sebelumnya, untuk mendaki gunung-gunung yang tinggi dan dilapisi es, mereka membelinya ke  kota Seatle di wilayah Amerika Serikat yang berbatasan dengan Kanada.

MEC memulai usaha dengan mendirikan toko yang menjual berbagai macam alat-alat olah raga pendaki gunung dengan harga bersaing. Sekarang, MEC telah membuka cabang di 17 kota besar, seperti Montreal dan Ottawa, ibukota Kanada. Setiap toko koperasi besarnya sama dengan sebuah mal seukuran Carefour.

MEC menjalankan sepenuhnya prinsip-prinsip koperasi yang digariskan oleh International Cooperative Alliance(ICA). Setiap orang boleh dan terbuka untuk menjadi anggota koperasi,  sesuai prinsip “open membership” tanpa memandang glongan, agama, bangsa dan jenis kelamin. Tentunya yang diterima adalah yang bersedia mengikuti ketentuan keanggotaan dalam koperasi. Salah satunya adalah kesediaan untuk membayar “membership share” yang jumlahnya sama setiap orang, sehingga setiap anggota mempunyai hak yang sama, dan ketentuan “one member one vote” bisa dijalankan.  

Sesuai  prinsip koperasi, MEC hanya melayani anggotanya saja, yaitu orang yang memiliki kartu anggota. Karenanya, untuk membeli barang dan alat-alat olahraga di koperasi ini, haruslah menjadi anggota koperasi. Tetapi caranya cukup mudah,  yaitu bersedia membayar “membership share” sekitar 5 dollar Kanada yang ditambahkan pada  saat membayar di kasir, pada pertama kali belanja. Pada 2013, jumlah anggota MEC mencapai 4,1 juta orang.

Saya membeli sejumlah barang di MEC sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sesuai ketentuan MEC, pada saat membayar di kasir, saya sebagai orang asing ternyata juga harus membayar “membership share” tersebut. Maka jadilah saya sebagai anggota MEC. Selama dua tahun, saya dikirimi berbagai informasi oleh koperasi ini, seperti barang-barang baru yang tersedia, rencana rapat anggota dan calon ketua koperasi yang akan maju untuk periode berikutnya. Rupanya ada ketentuan MEC bahwa jika tidak aktif selama dua tahun akan dihapus dari daftar anggota. Setelah dua tahun berlalu saya tidak lagi mendapat kiriman dokumen dari MEC.

Bagaimana dengan koperasi konsumen di Indonesia?

Secara kuantitas, koperasi Indonesia tumbuh pesat. Menurut Menteri Koperasi dan UKM, pada 2014 jumlah koperasi  mencapai 200.808 unit. Sebagian besar dari jumlah koperasi itu adalah koperasi yang termasuk koperasi konsumen. Tetapi sayangnya, keberadaan koperasi tidak terasa sehingga ia menjadi seperti tidak ada.

Kita bisa melihat di daerah perkotaan, pada jarak kurang dari satu kilometer berdiri minimarket  modern yang menjual semua  barang kebutuhan pokok masyarakat, melengkapi warung-warung sembako dan kelontong yang dimiliki oleh perorangan. Akan tetapi tidak ditemukan koperasi konsumen di sana. Lalu di mana koperasi yang jumlahnya ratusan ribu unit itu berada?.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline