Lihat ke Halaman Asli

Mari Berantas Pikun! TIM II KKN UNDIP Melaksanakan Senam Anti-dementia Alzheimer untuk Lansia

Diperbarui: 12 Agustus 2022   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kendal (14/7/2022) – Fenomena naiknya kasus demensia Alzheimer di seluruh dunia saat ini diperkirakan telah mendekati angka 46,8 atau 50 juta orang di dunia yang terdiagnosis dengan demensia, Pada wilayah Asia Pasifik sendiri terdapat 20,9 juta kasus (Alzheimer’s Disease International, World Health Organization, 2017), ada sekitar 10 juta kasus baru setiap tahun.
Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada sekitar 1.2 juta orang dengan demensia pada tahun 2016, yang akan meningkat menjadi 2 juta di 2030 dan 4 juta orang pada tahun 2050.

Data tersebut adalah data yang telah tercatat dan mendapatkan perhatian, masih banyak penderita demensia Alzheimer yang belum terdeteksi dan mendapatkan penanganan yang memadai, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan penanganan untuk menghindari potensi kasus demensia Alzheimer.

KKN UNDIP TIM II 2021/2022 yang berlokasi di Dukuh Jetis, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal pada 14 Juli dilaksanakan Program Kerja Monodisiplin dengan tema “Berantas Pikun: Senam Anti-Dementia Alzheimer” yang diberikan bersamaan dengan screening Kesehatan Posyandu Lansia pada yang dilakukan oleh Azzahra Jasmine Puspoyudo Psikologi 2019 dan kolaborasi dengan Kader Posyandu Desa Jetis.

Senam ini dilaksanakan pada pagi hari sebelum dilakukannya Screening Kesehatan Posyandu Lansia. Peserta senaim ini didominasi oleh lansia dan ibu-ibu. Terlihat dari sorot muka peserta sangat menikmati dengan kegiatan senam anti-dementia Alzheimer yang dilaksanakan. Setelah senam dilaksanakan peserta mendapatkan minuman dan makanan sambil menunggu giliran screening kesehatan.

Dilaksanakan program senam anti-dementia Alzheimer ini diharapkan warga Desa Jetis khususnya mereka yang sudah memasuki rentang umur lansia dapat mengetahui penanganan mengenai dementia Alzheimer dan mempraktikkan senam tersebut pada kemudian hari.

Penulis : Azzahra Jasmine P
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : dr. Dodik Pramono, M.Si, Med.
Lokasi : Dukuh Jetis, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline