Lihat ke Halaman Asli

KKN Tim II UNDIP Memberikan Psikoedukasi Teknik Relaksasi untuk Mengatasi Hipertensi

Diperbarui: 12 Agustus 2022   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

halaman-1

Kendal (14/7/2022) – Hipertensi adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem kardiovaskuler. Hipertensi memiliki angka mortalitas & morbiditas yang cukup tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi pada pasien  dapat dibantu dengan pemberian terapi farmakologis maupun non farmakologis. Salah satu bentuk terapi non farmakologis yakni terapi relaksasi napas dalam. Relaksasi napas dalam atau deep breath adalah pernafasan pada abdomen yakni perut  dengan frekuensi lambat serta perlahan dengan irama dan nyaman dengan cara menutup mata saat menarik nafas. Efek  yang diberikan dari terapi ini adalah distraksi atau pengalihan perhatian.

Kader Posyandu Lansia di Desa Jetis menyampaikan bahwa terdapat banyak lansia yang memiliki Hipertensi, berdasarkan hal tersebut KKN UNDIP TIM II 2021/2022 yang berlokasi di Dukuh Jetis, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal pada (14/08/2022) telah dilaksanakan Program Kerja Monodisiplin dengan tema "Psikoedukasi Teknik Relaksasi Pernafasan 4-7-8 untuk Mengatasi Hipertensi" yang diberikan bersamaan dengan screening Kesehatan Posyandu Lansia pada yang dilakukan oleh Azzahra Jasmine Psikologi 2019 dan kolaborasi dengan Kader Posyandu Desa Jetis.

Program ini dilakukan berdasarkan banyaknya kasus hipertensi pada kalangan lansia di Desa Jetis, program ini bertujuan untuk membantu lansia baik yang memiliki hipertensi untuk mengontrol emosi agar tidak berdampak pada kesehatan fisik maupun psikis yang lebih buruk, serta pada mereka lansia yang tidak memiliki hipertensi untuk membantu menjaga serta menjadi promotor Teknik relaksasi penanganan hipertensi. Program ini dilakukan dalam bentuk berupa sosialisasi mengenai hubungan antara kondisi psikologis dengan Kesehatan fisik seseorang terutama pada mereka yang memiliki hipertensi yang kemudian selanjutnya diberikan psikoedukasi mengenai Teknik relaksasi pernafasan 4-7-8 dan pemberian brosur yang berisikan materi tersebut kepada masing-masing lansia yang mengikuti program Screening Kesehatan Posyandu Lansia Desa Jetis.

Penulis : Azzahra Jasmine P
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : dr. Dodik Pramono, M.Si, Med.
Lokasi : Dukuh Jetis, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline