Lihat ke Halaman Asli

Mitha Qhaulia

Mahasiswa

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 47 Melakukan Sosialisasi Digitalisasi Marketing untuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Kepuharjo

Diperbarui: 3 Februari 2025   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh mahasiswa PMM UMM Kelompok 47 Gelombang 01 (kegiatan sosialisasi digitalisasi marketing (Sumber: dokumentasi mahasiswa kelompok 47))

Malang - Kelompok Mahasiswa PMM UMM Melaksanakan kegiatan pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Dusun Kepuh Utara, Karangploso, Kabupaten Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah Sosialisasi Digitalisasi Marketing dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Desa Kepuharjo tengah melakukan langkah strategis dalam meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi angka pengangguran di wilayahnya dengan membangun sebuah greenhouse. Greenhouse ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi kebutuhan pangan lokal yang berkelanjutan serta membuka peluang kerja bagi warga Desa. Namun, meskipun fasilitas tersebut dibangun dengan tujuan mulia, ada tantangan besar dalam memperkenalkan konsep tersebut kepada masyarakat Desa, khususnya terkait pemanfaatan digitalisasi dalam pemasaran produk.

Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah masih rendahnya pemahaman masyarakat Desa mengenai digitalisasi marketing. Hal ini menyebabkan potensi pasar yang lebih luas, baik secara lokal maupun online, belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut, Mahasiswa PMM UMM Kelompok 47 Memutuskan untuk turun tangan membantu masyarakat.

Melalui program yang mereka jalankan, para mahasiswa memberikan sosialisasi dengan mendatangkan pemateri yang sudah ahli dalam dunia digitalisasi marketing tentang pentingnya digitalisasi dalam dunia pemasaran, termasuk cara-cara memanfaatkan media sosial dan platform online untuk memasarkan produk hasil pertanian dari greenhouse. Selain itu, mereka juga membantu dalam pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), yang akan menjadi wadah bagi warga Desa untuk bertukar informasi seputar teknologi, pemasaran digital, dan pengembangan usaha berbasis pertanian.

Ke depan, diharapkan greenhouse yang dibangun dapat menjadi pusat edukasi wisata dan inovasi yang berkelanjutan bagi warga Desa, sekaligus membuka peluang baru di dunia pertanian yang semakin modern dan berdaya saing.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline