Lihat ke Halaman Asli

Mitha AUliaUsrul

Mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, Penerima Beasiswa 1000 Da'i Bamuis BNI

Ternyata Tidur Ada Adabnya

Diperbarui: 1 Juli 2024   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi pribadi diolah melalui canva

Tidur adalah cara manusia untuk menistirahtkan tubuh dari segala aktifitas. tapi kalian tau ga kalau tidur itu ada adabnya lohh. nah  tidur yang baik itu tidak terlihat dari mewah dan nyamannya tempat tidur, tetapi dilihat dari saat kita bangun kita merasa badan kembali segar dan bugar. tentunya tidur juga bisa mendapatkan pahala jika diperhatikan adabnya. yuk kita pelajari apasih adab dalam tidur.

1. berwudhu

berwudhu sebelum tidur tentunya sangat dianjurkan karena allah sangat mencintai orang yang selalu dengan keadaan bersuci, rasulullah saw pun pernah bersabda: sucikanlah badan kalian, niscaya allah akan mensucikan kalian. tidaklah seorang hamba yang bermalam dalam keadaan suci, melaikan ia bermalam bersama malaikat dalam pakaiannya dan tidaklah ia bergerak sesaat dimalam itu melainkan malaikat itu medoakannya.

2. tidur dengan cara miring ke kanan

salah satu adab ketika tidur yaitu tidur dengan miring ke kanan karena bila seseorang tidur menghadap ke kiri maka ia kan tertidur dengan pulas karena posisi hati dalam posisi istirahat total sehingga akan sulit untuk bangun untuk melaksanakan salat subuh

3. tidak berlebihan dengan tempat tidur

kalian tahu tidak dalam islam kita dilarang menggunakan tempat tidur yang berlebihan sebab  jika kita pulas maka akan sulit bangun bahkan rasulullah saw tidak berlebihan untuk tidur. rasulullah saw mempunyai tempat tidur yang terbuat dari kulit berisi sejenis sabut.

nah sekarang kalian sudah tau kan adab sebelum tidur. yuk kita praktekkan semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline