Lihat ke Halaman Asli

Pantai Pancur, Keindahan Tersembunyi di Alas Purwo

Diperbarui: 3 Januari 2019   01:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Keren, Banyuwangi lagi-lagi menunjukkan pesona alamnya yang sangat memukau. Destinasi wisata Pantai Pancur adalah salah satu keindahan yang tersembunyi di Taman Nasional Alas Purwo. 

Taman Nasional Alas Purwo memang menyimpan banyak hal yang sangat menakjubkan. Meski lokasinya cukup terpencil dan berada di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, namun tempat ini sangat mengundang penasaran banyak orang. Hingga  kebanyakan wisatawan rela menempuh jarak yang cukup jauh demi memenuhi rasa penasaran akan hal-hal menarik yang bisa disaksiksan di Taman Nasional Alas Purwo salah satunya adalah Pantai Pancur.

Pantai ini berada di lingkup Kecamatan Tegaldlimo, Desa Kalipahit yang pastinya Kabupaten Banyuwangi. Banyak wisatawan yang berkunjung di pantai ini untuk sekedar rekreasi atau pun fun camp dengan tujuan menikmati keindahan surga yang tersembunyi di Alas Purwo. 

Alas Purwo memang terkenal sebagai daerah yang angker, banyak orang yang berspekulasi bahwa Alas Purwo adalah daerah yang menakutkan untuk di kunjungi. Banyak mitos atau cerita mistis tentang alas purwo yang beredar di masyarakat.  Namun cerita yang menyebar luas itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung di Alas Purwo. Dikarenakan pesona Pantai pancur sangat menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasti ngga akan jadi masalah dong untuk para travellers ?

Penamaan Pantai Pancur sendiri berasal dari adanya aliran sungai kecil berair tawar yang bertemu dengan air laut. Aliran sungai ini cukup unik karena menyerupai air terjun kecil, sehingga disebut "Pancur" yang apabila diartikan adalah air mancur atau pancuran. Aliran sungai ini pun mengalir sepanjang waktu dan lokasi aliran sungai ini berada di samping tangga yang dilewati pengunjung saat menuju pantai. Banyak anak kecil yang bermain air dikarenakan air di sungai ini sangat jernih dan juga tenang.

Dok. Pribadi

Setibanya di Pantai Pancur, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah nan cantik di depan mata. Hamparan pasir putih membentang luas dan lumut-lumut hijau tumbuh di bebatuan yang ada di bibir pantainya. Pemandangan putih dan hijau di pantainya yang sangat memanjakan mata. 

Di sekitar pantai juga banyak pepohonan yang bisa digunakan untuk berteduh dan memberikan warna hijau yang menyejukkan. Warna-warni yang ditawarkan Pantai Pancur menjadi pemandangan yang bagus untuk kamera anda. 

Pantai ini akan sangat indah pada saat surutnya air laut, dikarenakan bebatuan di pantai akan terlihat menawan untuk berfoto. Tak hanya itu, kita juga dapat menikmati Sunset di sore hari yang tentunya sangat cocok untuk para pemburu keromantisan. Bisa dibayangkan indahnya Sunset di Pantai ini ?

Untuk masuk ke Taman Nasional Alas Purwo kita harus membeli tiket masuk, untuk wisatawan lokal Rp 5000/orang sedangkan untuk wisatawan asing Rp150.000/orang, tiket tersebut bisa saja naik disaat hari libur. 

Jarak pantai pancur dari Resort Rowobendo atau pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo sekitar 5km dengan jarak tempuh sekitar 20 sampai 25 menit, meski lumayan jauh namun semua akan terbayar impas setelah sampai di lokasi Pantai Pancur. Untuk tiba di Pantai Pancur, wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di sekitar Resort Pancur. 

Di sekitar lokasi terdapat musholla, Camping Ground dan juga warung makan yang tersedia untuk para pengunjung. Setelah itu, kita harus berjalan menuruni tangga untuk tiba di Pantai Pancur. Dan terlebih lagi akses masuk ke Taman Nasional Alas Purwo sudah diperbaiki sehingga menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Taman Nasional Alas purwo.

Bagaimana, anda tertarik untuk berkunjung di pantai yang satu ini ? Ayo datang anda pasti ingin kembali.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline