Lihat ke Halaman Asli

MITA TRESIA

Guru Fisika

Jurnal Refleksi Modul 2.1 Guru Penggerak

Diperbarui: 12 November 2022   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Modul 2.1 

"Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid"

 

Oleh  : MITA TRESIA

SMK Negeri 1 Buntok

CGP Angkatan 6 Kab. Barito Selatan

Prov. Kalimantan Tengah

 

Facts (Peristiwa)

Modul 2.1 memberikan banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang baru bagi saya. Dari modul ini saya menjadi tahu mengenai kebutuhan belajar murid yang beragam dan bagaimana cara memenuhinya. Saya juga telah mencoba menerapkan pengetahuan dari modul ini dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Mulai dari memetakan kebutuhan belajar, merancang pembelajaran dengan memilih strategi diferensiasi yang sesuai, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hingga merefleksikan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dalam penerapannya saya mengalami cukup banyak kesulitan terutama pada bagian memetakan kebutuhan belajar murid. Saya sempat bingung memikirkan bagaimana cara yang tepat. Namun, akhirnya saya dapat melakukan pemetaan itu dengan cara yang sederhana namun bermakna, yaitu dengan mengamati perilaku murid, menggali pengetahuan awal murid mengenai materi yang akan dipelajari serta melakukan tes formatif.

Feelings (Perasaan)

Saat mempelajari modul 2.1 dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, saya melihat dan merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Saya melihat murid belajar dengan rasa nyaman, tanpa ada tekanan. Mereka bebas mengekspresikan pemahamannya dengan caranya masing-masing tanpa dipaksakan harus menjadi sama antara murid satu dan yang lainnya. Kebebasan, keceriaan, rasa nyaman dan binar-binar di mata mereka dalam belajar, mendatangkan kebahagiaan yang tiada tara bagi saya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline