Oleh : MITA TRESIA
CGP Angkatan 6
SMK Negeri 1 Buntok
Kab. Barito Selatan
Prov. Kalimantan Tengah
Facts (Peristiwa)
Saya telah mempelajari banyak hal baru dari modul 1.4, di antaranya mengenai disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan, teori kontrol, keyakinan kelas, hukuman, penghargaan dan restitusi, 3 macam motivasi, 5 kebutuhan dasar manusia, 5 posisi kontrol serta segitiga restitusi. Saya juga telah menerapkan apa yang telah saya pelajari dari modul ini di sekolah, di antaranya melakukan praktik restitusi bersama siswa dan mewujudkan budaya positif melalui keyakinan kelas. Meskipun sempat ada keraguan, namun ternyata kegiatan pembuatan keyakinan kelas bersama siswa berjalan dengan lancar. Siswa pun sangat antusias.
Feelings (Perasaan)
Saat pertama kali saya mempelajari modul 1.4, timbul banyak pertanyaan di benak saya, "Apakah benar restitusi merupakan langkah yang terbaik dibandingkan dengan memberikan hukuman atau konsekuensi?" dan "Apakah posisi kontrol manajer akan efektif dalam membimbing siswa bermasalah?", awalnya saya tidak yakin. Namun, setelah melakukan praktik restitusi dan membuat keyakinan kelas bersama siswa, saya menjadi yakin bahwa untuk menumbuhkan disiplin positif harus dimulai dari membuat keyakinan kelas dan menerapkan restitusi jika ada siswa yang berperilaku menyimpang dari keyakinan kelas. Saya yakin benar itulah cara yang paling ideal.
Saya juga merasa modul ini adalah modul paling menarik sejauh saya mengikuti program pendidikan guru penggerak.