Lihat ke Halaman Asli

MITA MAULANI

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Menciptakan Keaktifan Siswa dengan Media "Kartanya" SDN 146 Gumuruh

Diperbarui: 18 Mei 2023   15:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi 

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Kartu Kata Tanya di SDN 146 Gumuruh yang dilaksanakan oleh saya Mita Maulani (22) yang merupakan mahasiswi semester 6 dalam Program MBKM Prodi yang merupakan program UPI Kampus Daerah Cibiru. Kegiatan ini berlangsung di SDN 146 Gumuruh, Bandung, Rabu (17/05/2023).

Dalam kehidupan sehari-hari banyak bidang yang memanfaatkan berbagai media untuk berbagai keperluan. Seperti pada bidang pendidikan,semua guru memerlukan media dalam proses mengajar siswa. Media tersebut memiliki tujuan agar informasi dapat diterima dengan baik oleh siswa. Bentuk dari pemahaman yang telah diterima oleh siswa yaitu terjadinya perubahan pada siswa, seperti perubahan perilaku, pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Peranan media pembelajaran pada suatu proses pembelajaran merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari satuan pendidikan. Peran media dalam pembelajaran yaitu dapat membuat konkret dari konsep yang abstrak. Dengan media pembelajaran guru dan siswa akan mendapatkan kemudahan dalam membahas suatu materi.

Media pembelajaran yaitu sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima yang dapat menimbulkan rangsangan pikiran, perasaan, perhatian, dan minat dari peserta didik untuk belajar. Media yaitu salah satu alat bantu mengajar bagi guru dalam menyampaikan materi, meningkatkan daya kreatifitas siswa, meningkatkan keaktifan siswa pada saat pembelajaran dan meningkatkan semangat serta perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran.

KARTANYA ini yaitu Kartu Kata Tanya yang dibuat menggunakan kertas. Media ini dapat digunakan pada materi Bahasa Indonesia Kelas 2 Tematik Kurikulum 2013 mengenai kata tanya. Pada pembelajaran dengan media KARTANYA ini membuat siswa lebih aktif untuk mengemukakan pendapat dan lebih menarik siswa dengan kartu yang berwarna serta berbentuk. Kegiatan pembelajaran ini berjalan dengan baik, siswa merasa senang karena bisa membantu mereka memudahkan dalam menguasai pembelajaran tersebut.

Dokumen pribadi

Cara membuat dan menggunakan KARTANYA pun sangat mudah hanya berbahan kertas dan lidi. Guru hanya memilih kata tanya apa saja yang akan digunakan. Untuk memudahkan siswa dalam mencermati materi serta fungsi yang menunjukkan kata tanya tersebut dapat menggunakan media bergambar sebagai acuan siswa dalam memahami bahwa kata tanya itu memiliki tujuan dan tempat yang sesuai dengan kata tanya tersebut.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Penggunaan media ini dapat membantu guru dalam proses mengajar. Siswa dengan mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru dan siswa sangat senang ketika guru meminta siswa untuk membuat kalimat dari kata tanya yang guru pilih, hal ini merangsang keaktifan siswa serta dapat melatih siswa dalam kecepatan membuat kalimat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline