Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif#3 Kelompok 072 Kabupaten Jember Bagikan 1000 Bibit Tanaman Sebagai Bentuk Dukungan di Sektor Pertanian

Diperbarui: 22 Agustus 2024   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2024

KKN Kolaboratif Kelompok 072 Desa Kertonegoro Kabupaten Jember yang tergabung dalam kampus perguruan tinggi yang ada di Jember dan Surabaya melakukan pembagian 1000 bibit cabe dan terong yang dibagikan di seluruh masyarakat di Desa Kertonegoro. Pembagian bibit ini dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2024. Pembagian bibit tanaman cabe dan terong dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap sektor pertanian di Desa Kertonegoro. Pembagian bibit dibagikan kepada 7 dusun yang ada di Desa Kertonegoro,

Mahasiswa KKN Kolaboratif mendistribusikan bibit tanaman melalui dua cara yaitu dengan memberikan kepada kepala dusun yang nantinya kepala dusun mendistribusikan sendiri kepada warga-warga dan cara yang kedua mahasiswa KKN Kolaboratif membagikan langsung kepada warga-warga, pembagian langsung kepada warga-warga dilakukan oleh mahasiswa KKN kolaboratif di wilayah Dusun Kertonegoro Selatan. Selain memberikan bibit tanaman pemberian tanaman secara langsung dapat meningkatkan nilai sosial mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 072 karena mahasiswa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar.

Program kerja pembagian bibit kepada warga Desa Kertonegoro mendapatkan respon yang baik oleh warga. Mereka senang mendapatkan bibit tanaman tersebut "wah terima kasih nduk nanti saya tanam di pot, lumayan kalau tumbuh tidak perlu beli" ucap salah satu warga yang diberi bibit tanaman secara langsung.

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2024

Tujuan dari Program Pemberian bibit cabe dan terong kepada masyarakat Desa Kertonegoro adalah cabe dan terong merupakan komoditas yang sering digunakan dalam masakan sehari-hari. Dengan memberikan bibit ini, mahasiswa KKN membantu masyarakat untuk memproduksi pangan lokal secara mandiri, yang dapat meningkatkan ketersediaan bahan pangan di rumah tangga mereka. Selain itu menanam dan merawat tanaman sendiri, masyarakat Desa Kertonegoro dapat lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 072 dapat mempererat hubungan dengan masyarakat, bekerja sama dalam proyek bersama, dan membangun komunikasi yang lebih baik antara keduanya.

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2024

Berkaitan dengan program kerja pembagian bibit oleh KKN Kolaboratif Kelompok 072 sejalan dengan tema dari KKN Kolaboratif#3 Kabupaten Jember yaitu "Peran Perguruan Tinggi Mewujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Jember" dengan salah satu program ini merupakan sebagai bentuk kecil dalam membantu Pemerintah Kabupaten Jember untuk mengupayakan ketahanan pangan, karena harapan dari program ini yaitu dapat menjadi salah satu dorongan untuk masyarakat Desa Kertonegoro membuka peluang untuk masyarakat Desa Kertonegoro melalui bibit tanaman yang Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 072 berikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline