Lihat ke Halaman Asli

Mendorong Pemasaran UMKM Nilna Melalui Branding Desain Packaging oleh Mahasiswa MBKM UM

Diperbarui: 22 November 2022   19:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto pemberian stiker (Dokpri)

Dalam sebuah usaha, packaging merupakan komponen penting dalam membangun branding usaha tersebut. Kebanyakan UMKM di Indonesia masih belum paham akan pentingnya membangun branding melalui pengoptimalisasian kemasan (packaging). Banyak pelaku UMKM yang tidak berani dalam melakukan pengembangan branding ini karena takut akan menambah biaya produksi sehingga mereka hanya fokus pada peningkatan angka penjualan.

Kemasan yang menarik atau catching eye akan mendapat perhatian lebih oleh konsumen dan membelinya. Selain itu, kemasan juga menjamin keamanan dan kesehatan produk. Dengan kemasan yang meyakinkan konsumen, bahwa produk industri tersebut aman dan berkualitas serta akan meyakinkan konsumen untuk membelinya.

Foto pemberian desain kartu nama  (Dokpri)

Salah satu pelaku UMKM di Desa Sidodadi yaitu Bu Sri membuat produk baru berupa Keripik Mangrove. Guna memperkenalkan produk tersebut, kami membantu Bu Sri dengan membuatkan Desain stiker pada packaging tersebut. Bukan hanya itu, Mahasiswa MBKM MD UM yaitu Mita Dwi ArdiYaningsih jurusan S1 Akuntansi juga membuatkan beberapa  desain lainnya seperti pembuatan Kartu Nama dan Banner. Hasil desain Stiker, Kartu Nama & Banner tersebut mendapatkan apresiasi  yang cukup baik, dan juga akan digunakan semaksimal mungkin dalam proses pemasaran.

Foto proses penyerahan banner (Dokpri)

Dari terlaksananya program kerja ini, diharapkan dapat memberikan inovasi mengenai kemasan produk guna menarik minat beli masyarakat dan bisa menembus pasar dengan jangkauan yang luas hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan pelaku usaha dan mendukung perkembangan UMKM.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline