Lihat ke Halaman Asli

MITA USOBRI

seorang mahasiswa PPG Prajabatan gel.1 2024 dan tentor bimble

Topik 7. Teknologi Pembelajaran "Perbedaan Pembelajaran Aabad 21 dan 20"

Diperbarui: 14 Agustus 2024   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada hari yang cerah ini, pada topik pembehasan mengenai perbedaan pembelajaran abad 21 dan 20. Ini merupakan pembehasan topik topik 7. Koneksi Antar Materi Teknologi Pembelajaran. 

Pertanyaan:

Lingkungan belajar abad 21 tentu sangat berbeda dengn lingkungan belajar abad sebelumnya, dalam istilah lain abad 21 lebih dikenal dengan era digital sedangkan sebelumnya masih menggunakan manual-tradisional. Nah, cobalah Anda buat dengan tabel sederhana Anda jelaskan perbedaan pembelajaran abad 21 dan sebelum abad 20.

Tabel sederhana perbedaan pembelajaran abad 21 dan sebelum abad 20

Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran Abad 20

  • Pembelajaran pada abad 21 menggunakan teknologi seperti komputer, tablet, laptop, LCD dan aplikasi pendidikan lainnya untuk meningkatkan keterampilan siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif
  • Kurikulum abad 21 menggunakan pendekatan yang berbeda untuk memastikan bahwa siswa dapat memahami topik atau materi yang diajarkan dengan lebih dalam.
  • Inovasi dalam pembelajaran abad 21 berfokus pada teknologi, strategi, media dan metode pembelajaran yang berbeda. Inovasi ini memudahkan siswa untuk belajar lebih cepat dan lebih efektif.
  • Teknologi pendidikan berkembang sangat pesat pada abad 21, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan beragam. Siswa dapat mengakses sumber daya yang berbeda dan belajar dengan cara  yang lebih menarik dan efektif
  • Abad 20 didasarkan pada metode tradisional seperti menulis di papan tulis, buku teks, dan buku-buku lainnya.
  • Kurikulum pada abad 20 menekankan pada pembelajaran melalui buku teks dan fokus pada menghafal informasi.
  • Di sisi lain, pembelajaran sebelum abad 21 lebih banyak menekankan pada peserta didik yang belajar melalui bahan-bahan tertulis.
  • Abad 20, teknologi pendidikan pada waktu itu belum terlalu berkembang, sehingga sumber daya pembelajaran yang tersedia terbatas pada buku, papan tulis, dan alat tulis.

Kesimpulan dari perbedaan pembelajaran abad 21 dan sebelum abad 20 adalah bahwa pembelajaran abad 21 lebih banyak menekankan pada teknologi, inovasi, dan kurikulum yang berbeda. Di sisi lain, pembelajaran sebelum abad 21 lebih banyak menekankan pada peserta didik yang belajar melalui bahan-bahan tertulis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline