Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Negatif Penggunaan Handphone

Diperbarui: 1 Maret 2021   10:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS


Kini handphone di dominasi dengan fitur internet terutama jejaring sosial seperti WhatsApp, instagram dan lain-lain. WhatsApp dan instagram kini menjadi sahabat karib seorang remaja di hidup ini. Di kalangan remaja, handphone digunakan sebagai alat komunikasi yang multifungsi, karena multifungsi tersebut para remaja dapat menggunakan nya secara positif dan negatif yang tergantung pada setiap individu.

Namun, kini remaja sangat rawan akan dampak yang ditimbulkan nya terutama dampak negatif dari penggunaan handphone itu. Hal ini dikarenakan sifat remaja yang cenderung ingin mencoba hal-hal baru dan faktor usia yang rawan akan pengaruh dari luar atau lingkungan mereka.

Kita juga sering melihat dijalan raya, para pengendara banyak juga yang menyalahgunakan handphone yaitu pada saat berkendara, mereka dengan lihai memainkan handphone-nya seperti menelpon, mengirim pesan teks ataupun mengakses internet. Padahal, hal ini dapat menyebabkan kecelakan lalu lintas karena mereka tidak fokus berkendara melainkan fokus dengan handphone.

Banyak dari kita yang sering meletakkan handphone disebelah kita pada saat tidur. Padahal hal ini mengakibatkan radiasi radioaktif ke tubuh. Hal ini secara tidak sadar sudah termasuk kebiasaan buruk para pengguna. Sebenarnya, ketika handphone aktif, handphone akan menghantarkan gelombang radio kepusat handphone dan gelombang tersebut akan terserap oleh tubuh kita yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Proses ini disebut radiasi handphone.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline