Lihat ke Halaman Asli

Rasio Keuangan

Diperbarui: 13 Desember 2022   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pengertian Rasio Keuangan

Menurut Wikipedia Rasio keuangan adalah analisis keuangan suatu perusahaan yang digunakan untuk mengevaluasi aktivitas perusahaan berdasarkan perbandingan informasi keuangan yang terdapat dalam laporan keuangan (Neraca,Laporan laba/rugi,Laporan aliran kas). Rasio menggambarkan hubungan atau keseimbangan (Hubungan matematis) antara satu besaran dengan besaran lainnya.

Jenis-Jenis Rasio Keuangan

  • Rasio Profitabilitas,yaitu rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.Rasio ini antara lain:GPM (Gross profit margin),OPM (Operating profit margin),NPM (Net profit margin),ROA (Return to total asset),ROE (Return on equity).
  • Rasio Likuiditasyaitu rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menjamin kewajiban-kewajiban lancarnya.Rasio ini antara lain Rasio kas (Cash ratio),Rasio cepat (Quick ratio),Rasio lancar (Current ratio).
  • Rasio Leverage / solvibilitas, yaitu rasio ini mengukur tingkat pengelolaan sumber daya keuangan perusahaan.Beberapa dari angka-angka ini termasuk rasio total utang terhadap equitas,rasio total utang terhadap asset, tarif waktu TIE (Time Interest Earned).
  • Rasio Aktivitas,yaitu rasio yang menggambarkan aktivitas perusahaan dalam hal penjualan,pembelian,dan operasi lainnya.ada dua perkiraan rasio aktivitas.

                       

1. Rasio Profibilitas

a. Profit margin

Untuk menghitung profit margin dapat menggunakan dua persamaan berikut :

Margin laba kotor (Gross profit margin)

GPM =  Penjualan -- Harga Pokok Penjualan 

 

Margin laba bersih (Net profit margin) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline