Lihat ke Halaman Asli

Mita

Kerja dari rumah.

Pemilik Segway Tewas Naik Segway

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tanggal 27 September Jimi Heselden, seorang Inggris pemilik perusahaan Segway jatuh dari segway yang dikendarainya dari tebing ke sebuah sungai dan meninggal dunia  Pengusaha multimiliuner berusia 62 thn jatuh ketika sedang berkeliling di tanah miliknya dengan Segway tipe offroad.  Heselden baru saja membeli perusahaan Segway bulan Desember tahun lalu dan bermaksud untuk mengembangkannya lebih lanjut.

Jimi Heselden dikenal sebagai seorang yang sangat dermawan.  Seminggu sebelum meninggalnya dia mendonasikan 10 juta ponsterling untuk Leeds Community Foundation yang dibentuknya.  Total dia telah mendonasikan 23 juta ponsterling kepada yayasan ini.  Kebanyakan dana itu digunakan untuk membantu anak muda yang tidak beruntung, orang tua yang rentan dan proyek perbaikan kesehatan di kota tinggalnya. Heselden drop out pada usia 15 tahun, menjadi penambang dan kehilangan pekerjaan ketika pemogokan tahun 1984.  Dia mendirikan perusahaan HESCO Bastion dengan uang pesangon yang diterimanya.  Perusahaannya memproduksi sangkar kawat yang bisa diisi dengan tanah dan pasir. Alat yang tadinya dimaksudkan untuk menahan air di kanal ini menarik militer NATO, Amerika dan Inggris karena bisa menahan peluru, misil dan bom bunuh diri. Antara tahun 1998 - 2003 Pentagon membelanjakan 50 juta pondsterling untuk concertainer ini untuk ditempatkan di Irak dan Afganistan - dan menjadikan Heselden multimiliuner.

gambar dari sini Segway PT (personal transporter) sendiri diciptakan oleh Dean Kamen dari Amerika. Segway sama pengucapannya dengan 'segue' yang dalam bahasa Itali berarti transisi lembut, atau 'ikuti'. Komputer dan motor dibagian bawah membuat kendaraan ini tetap tegak. Kendaraan ini digerakkan oleh batere yang bisa dicharge dengan listrik rumahan biasa. Diproduksi masal pada tahun 2002, Segway mempunyai ceruk pasar bagi transportasi polisi, difabel, militer, gudang, kampus dan area industri. Beberapa negara dan daerah melarang segway dijalanan umum.

gambar dari sini

Jenis segway yang digunakan Heselden sumber dailymail




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline