Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu. Namo buddhaya, salam kebajikan.
Apa kabar para pembaca yang budiman? Semoga kesehatan dan keberkahan selalu menyertai kita semua, aamiin.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin menuliskan tentang hasil analisis tentang visi dan Prakarsa perubahan dari tayangan video praktik yang disediakan di LMS. Kemudian CGP diminta mengidentifikasi kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan BAGJA dari tayangan video tersebut. Setelah mengidentifikasi kegiatan tersebut, CGP juga diminta mengidentifikasi peran pemimpin dan menganalisis modal utama apa yang dapat dimanfaatkan dari contoh video tersebut.
Video praktik baik yang dianalisis pada link berikut. https://www.youtube.com/watch?v=YMflitCt1yI
Setelah melihat dengan seksama video praktik baik yang disajikan, visi sekolah yang dapat dimunculkan adalah "Terwujudnya siswa yang berkarakter, kretaif dan mandiri dalam merdeka belajar".
Adapun prakarsa perubahan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan.
Kemudian apakah pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut? Pertanyaan utamanya adalah bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan?
Kegiatan atau tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan BAGJA? Hasil analisis saya terhadap video praktik baik yang ada berdasarkan pada alur BAGJA adalah sebagai berikut.
Tahap pertama adalah B-uat pertanyaan utama, dalam video tersebut pertanyaan utama yang dimunculkan "Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?". Langkah tindakan yang dapat dilakukan terdiri dari berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam merumuskan kalimat pertanyaan utama prakarsa perubahan, membuat pertanyaan pemantik kepada murid tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi mereka, dan membuat pertanyaan "Penyemangat Belajar" kepada siswa. Kemudian guru menuliskan di papan tulis mengenai Penyemangat Belajar untuk kemudian mendiskusikannya dengan murid.
Langkah kedua A-mbil pelajaran, guru mengajukan pertanyaan "Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengidentifikasi harapan murid agar semangat belajar?". Pertanyaan kedua adalah bagaimana strategi untuk menggali inspirasi kelas impian murid? Kedua pertanyaan ini dijawab dengan (1) Guru meminta pendapat untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkat semangat belajar. (2) Guru meminta murid untuk mencertitakan hal-hal yang di sukai dari kelasnya. (3) Guru mengajak murid untuk menceritakan hal-hal yang disukai dari kelasnya. (3) Guru mengajak murid untuk mengunjungi kelas 2 dan kelas 6 untuk mengetahui apa yang mereka sukai dengan kelasnya sehingga dapat dijadikan inspirasi mengenai suasana kelas yang membuat semangat. (4) Guru mengajak murid untuk mendiskusikan tentang hal apa yang mereka sukai dari kelas sendiri dan kelas 2 dan kelas 6.