Tidak kebetulan di Hari Lahir Pancasila 2022 ini sedang mengikuti kegiatan Calon Guru Penggerak yang di dalamnya mengangkat kembali filosofi pemikiran dari Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan untuk menghadirkan profil pelajar Pancasila.
Pada kesempatan ini saya akan memaparkan koneksi antar materi yang telah dipelajari pada modul 1 ini dengan menggunakan 3 pertanyaan sebagai berikut:
- Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda mempelajari modul 1.1?
- Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?
- Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD
Saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1 bahwa;
- Guru mendominasi pembelajaran, anak lebih banyak dilihat sebagai objek
- Fokus pembelajaran pada hasil dan banyak kali melupakan tahap proses yang dikerjakan peserta didik
- Kurang memperhatikan perbedaan cara belajar anak sehingga menyamaratakan pembelajaran
Hal berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini adalah;
Merubah pemikiran yang kemudian ditindaklanjuti dengan perubahan perilaku
- Mengubah mindset bahwa Guru bukan satu-satunya sumber belajar. Anak bebas memilih sumber belajar dan Guru bertugas menuntun serta mengarahkan (kebebasan yang terpimpin). Peserta didik bukan objek dalam Kegiatan Belajar Mengajar tetapi mereka adalah subjek yang juga bebas berekspresi.
- Dengan terlibat aktifnya peserta didik dalam proses Belajar Mengajar maka Pendidik dapat melihat proses yang dilalui oleh peserta didik dan menjadi bagian penting dalam observasi perkembangan peserta didik
- Menghargai perbedaan karakteristik anak
Tindak lanjut perubahan perilaku
- Mengemas pembelajaran yang kreatif dan menarik meningkatkan antusias belajar peserta didik
- Melibatkan anak dalam proses KBM (peserta didik sebagai subjek bukan hanya sebagai objek)
- Cermat melihat minat dan bakat anak
- Cermat melihat cara belajar dan cara peserta didik mengekspresikan dirinya
Agar kelas saya mencerminkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, penerapan yang akan segera saya lakukan di kelas antara lain;
- Mendesain pembelajaran yang interaktif dan fun, melibatkan semua peserta didik dalam proses belajar mengajar. Mengintegrasikan permainan dalam pembelajaran.
- Mengangkat kearifan/ budaya lokal dalam pembelajaran. Ini merupakan hal yang paling dekat dengan peserta didik dan penting untuk diangkat sehingga kearifan lokal tidak punah seiring dengan berkembangnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
- Mengutamakan aspek budi pekerti dalam pembelajaran
- Menerapkan sistem Among (pola asah, asih dan asuh) dalam kegiatan pembelajaran
- Pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman
Kesimpulan
Dasar-dasar pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang harus kita terapkan pada pembelajaran disekolah adalah:
- Pendidikan bukan hanya tentang ilmu pengetahuan yang disampaikan pada peserta didik tetapi penting juga di dalamnya menanamkan nilai-nilai moral dan budi pekerti
- Pendidikan adalah "menuntun" anak sesuai dengan minat dan bakatnya
Demikian pemaparan saya mengenai korelasi antar materi pada modul 1 - Pendidikan Guru Penggerak