Lihat ke Halaman Asli

Kelakuan Greget Sopir Angkot #1

Diperbarui: 6 Januari 2016   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Buat angkoters yang super duper perhatian seperti saya ini, abang sopir pastilah jadi salah satu objek yang menarik diperhatiin dan ditelusuri. Abang sopir ini sosok yg kadang dicinta tapi benci, dibenci tapi dicinta.. Nano nano rasanya deh ada di dekatnya, hehehe.. Sebagian orang mengklaim bahwa umumnya abang sopir ini berasal dari suku tertentu, tapi kalau soal kebiasaan geregetnya mah ga perlu lah diklaim dari suku mana takutnya nanti malah diskriminasi, semua abang sopir berpotensi punya kelakuan yg greget. Jd saya simpulkan saja bahwa kebanyakan abang sopir itu berkewarganegaraan Indonesia. Titik.

Dari sekian tahun jadi angkoters, saya juga punya klasifikasi abang-abang sopir berdasarkan kelakuan gregetnya.. Ok, kita mulai :

1. Tukang Ngetem

Ini tipe sopir angkot yg paling disebelin sama angkoters. Apalagi kalau angkoters lagi diburu sama waktu, berasa sia-sia berangkat pagi cuma buat nemenin bang sopir nunggu penumpang yg lain. Minimal angkoters yg wajib naik itu 4 org, baru bisa jalan. Belum lagi kalau di setiap titik strategis si abang berhenti trus ngetem lagi. Dihitung saja kalau tiap ngetem minimal 5 menit, dikali 5 titik berhenti, wah udah kepotong 25 - 30 menit. Mesti banyak sabar sama abang yg begini, kalau dia sampai kesel, ada lho penumpang yg dibentak disuruh turun.

2. Pembalap F1

Abang ini menempati urutan kedua. Musuhnya ibu-ibu sepuh atau yg lagi bawa belanjaan ribed atau bawa anak-anak.  Mantapnya, jalanan itu berasa sirkuit Sepang di mata si abang, lempeng aja dia ngebut sampai ga lihat kanan kiri. Kalau ada angkoters nyetop, wuih bisa berhenti 10 meter di depan kayaknya, soalnya mau ngerem tanggung. Angkoters di belakang kalau lagi apes ketemu abang angkot yg begini, biasanya pegangan erat erat sambil baca ayat kursi dan doa-doa lainya.. Sabar lagi ya, angkoters

3. Ugal-ugalan

Bedanya sama tipe no.2, abang tipe ini tuh menomorsekiankan keselamatan penumpang dan pengendara yg lain lho. Kayaknya enteng aja ngeliuk sana sini bisa sampai melipir ke trotoar atau hampir nyerempet mobil or motor di sampingnya. Ga heran juga pas ada lubang segede gaban atau polisi tidur si abang main hajar aja, menyebabkan angkoters mental naik turun atau malah kejedug atap angkot. Yang seru kalau ada ibu sepuh ngomel "Baaang, pelan pelan aja bang.. Saya masih pengin idup".

4. Rada-rada ****

Aduuh, saya bingung mau nulisnya, kok kayaknya kasar banged gitu. Maksudnya begini, mungkin krn setiap hari si abang ini berkutat dengan deru mesin yang berisik, pendengaran si abang mulai terganggu. Jadi pas angkoters mu turun, perlu usaha plus plus. Teriak udah, ketok-ketok kaca dan atep udah, usaha terakhir adalah dibantuin teriak angkoters yg lain, akhirnya ssi abang baru denger.. Maafin saya ya, bang

5. Perhitungan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline