Lihat ke Halaman Asli

M. Islahul Imami Tsani

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru di Universitas Muhammadiyah Mataram

Pembelajaran Sosial Emosional, Definisi, Fungsi, dan Komponen-Komponennya

Diperbarui: 10 Juni 2024   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pernahkah kamu mendengar istilah pembelajaran sosial emosional?

Atau bahkan sebelumnya kamu pernah belajar tentang pembelajaran sosial emosional?

Jika berdasarkan namanya, apa yang pertama kali kamu pikirkan jika mendengar istilah pembelajaran sosial emosional?

Pembelajaran yang berkaitan dengan pengelolaan emosi? Pembelajaran yang berkaitan dengan hubungan sosial? Atau apa?

Definisi Pembelajaran Sosial Emosional

Berdasarkan modul PPG Prajab dari kemendikbud, pembelajaran sosial emosional merupakan pembelajaran yang membantu individu untuk mengenali dan mengelola emosional diri sendiri maupun orang lain sehingga dapat menjalankan kehidupan dengan baik dalam kaitannya dengan diri sendiri, hubungan dengan orang lain dan dengan lingkungan.

Perlu diketahui bahwa emosional bukan hanya tentang marah, melainkan memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari itu. Emosional mencangkup seluruh perasaan yang dapat dirasakan oleh seseorang saat berada dalam suatu kondisi tertentu, seperti bahagia, sedih, marah, semangat, cemas, takut, dan lain sebagainya. Melalui pembelajaran sosial emosional kita akan mempelajari semua itu, tentang bagaimana memahami dan mengelola emosi kita dan orang-orang di sekitar kita untuk bisa menciptakan suasana hubungan sosial yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Sosial Emosional

Tujuan pembelajaran sosial emosional adalah untuk dapat:

  • Dapat membantu setiap orang untuk dapat mengenali dan memahami diri sendiri dan orang lain.
  • Dapat membantu setiap orang untuk bisa mengontrol emosi diri sendiri dan orang lain sehingga bisa menciptakan hubungan sosial yang baik dengan orang lain dan lingkungan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Pembelajaran sosial emosional secara umum memiliki 2 fungsi yakni fungsi preventif (pencegahan) dan fungsi promotif (peningkatan).

Jika tujuan pembelajaran sosial emosional adalah untuk dapat membantu seseorang menciptakan hubungan sosial yang baik melalui pengendalian emosi, maka dapat dipahami bahwa fungsi preventif atau pencegahan dalam pembelajaran sosial emosional adalah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat diakibatkan oleh ketidakmampuan kita dalam mengelola emosi kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline