Lihat ke Halaman Asli

Juli Dwi Susanti

Guru-Dosen-Penulis-Editor-Blogger

Istighotsah dan Doa Bersama Jelang UN, Masih Perlukah ?

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.arrahmah.com

Tanggal 13 April besok , kelas 12 SMA/SMK/Aliyah akan memulai rangkaian Hajatan Pendidikan Nasional yaitu project Akbar yang bernama Ujian Nasional . Mengapa disebut project / proyek Akbar ? Karena melibatkan seluruh komponen Dunia pendidikan mulai dari OB yang terendah sampai mentri Pendidikan Mas Anis Bawesdan . Belum lagi percetakan hingga kepolisian . Begitu banyak yang menikmati gula gula proyek UN yang buat murid sebagai objek sasaran yang timbul adalah berbagai macam perasaan . . .nano nano dong ? bisa jadi .

Ada yang merasa tegang , takut , biasa saja , gembira dan lain lain dengan berbagai faktor pendorongnya atau motivasi . Seperti pagi ini , saat mengajar pendalam Materi bagi siswa kelas 12 ditempatku dimana 3 hari ini kami harus memaksimalkan mengajar 3 pelajaran BBM ( Bahasa Inggris , bahasa Indonesia dan Matematika , dan produktif sesuai jurusan masing masing di SMK ini . Ada beberapa anak yang bertanya , mis kapan kita ada Mabit ? ada yang tanya lagi bahasanya Istighotsah ? yang lain bilang Muhasabah . . .dan sebagainya . Intinya satu bahasa , Motivasi di Akhir pelajaran menjelang minggu tenang Ujian Nasioanal .

Mengapa buat sebagian siswa atau orang tua atau juga mungkin dinas pendidikan , menjadi hal yang harus disakralkan ? Toh Ujian sering dilaksanakan di Unit satuan pendidikan masing masing dengan segala versinya ? siswanya sama kok , soalnya ? sama juga sejak kelas 10-12 ini juga diajarkan . Lalu dimana bedanya ? Karena ada motivasinya ? Ah nggak juga kok , aku selalu memotivasi anak anak dikelas hampir setiap masuk kelas sebelum memulai pembelajaran .

Bedanya ?, Ujian disekolah tidak resmi dan Ujian Nasional resmi bahkan soalpun harus dikawal polisi demi keamanan . Waks . . .!! oh Noooo. Tapi kenapa ya Istighotsah , Mabit ( Malam Bina Taqwa ) , Muhasabah dan lain lain hanya dilakukan menjelang Ujian Nasional ? Bukankah memberikan ketenangan itu harus diberikan setiap waktu , dimotivasi setiap waktu . Tugas guru , sekolah dan orang tua memotivasi dan memberi ketenangan pada anak anak yang akan menghadapi ujian . Bukannya malah blingsatan , anak yang mau ujian orang tua dan guru yang mules dan sibuk sendiri .

Hidup saja ada ujiannya untuk naik tingkat , apalagi belajar atau bekerja . Jadi what is different ? Lebai ? yaa lebai berjamaah yang  sudah disistemkan sejak dulu aku kecil kelas 6 akan ujian hingga saat ini . Padahal mas Anis sendiri mengatakan bahwa hasil ujian hanya pemetaan dan dikembalikan kesekolah . Kunci sukses setelah sekian tahun belajar dan diuji hasil belajarnya ya persiapan belajarnya dan motivasi belajarnya ya harus maksimal . Bukan malah menguntungkan tukang kembang ( padahal kalau musim munggahan/jelang romadhon tukang kembang juga diburu loh ) , nguntungin bimbel ( He he termasuk aku juga guru privat matematika ) , bikin siapapun terjebak cara sesaat menghalalkan segala cara untuk nilai terbaik .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline