Lihat ke Halaman Asli

Misbah Murad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Menghilangkan Rasa Jenuh Saat Work From Home

Diperbarui: 17 April 2020   13:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pagi ini, di pojok lapangan basket di komplek perumahan, walau jarak kami lebih dari satu meter, karena memang masih suasana mencekam akibat virus corona.

Hampir semua yang berada di lapangan ini keluhannya sama "Bosan dirumah" sudah mendekati satu bulan warga komplek banyak yang bekerja dari rumah, walau tidak sedikit juga warga komplek yang dirumahkan karena virus ini, inilah manusia, di saat kerja di kantor dahulu sebelum ada virus corona mereka semua mengeluh, kerja lagi-kerja lagi pengen berhenti rasanya, enak kalau dirumah, saat ini mereka baru dirumah sekitar satu bulan, mengeluh lagi karena "bosan kerja dari rumah."

Saat ini saya, dan kita semua mungkin merasa bosan dan jenuh dengan bekerja dari rumah, tidak bisa kemana-mana, seakan-akan pantat ini seperti terbakar dengan setiap hari duduk dirumah menghadapi laptop dan handphone, duduk dimeja kerja dengan rasa takut dan lelah yang luar biasa, apalagi saat diminta mengisi jurnal pekerjaan apa yang dikerjakan hari ini, semakin bingung lagi mengisinya.

Menjalani kehidupan dalam suasana seperti ini memang sangat berat dan tingkat stress lebih meningkat, sekalipun kita telah melakukan hal yang terbaik.

Merasakan pekerjaan yang monoton dalam satu bulan ini, membuat banyak orang yang merasa stress, andai saja bisa keluar rumah untuk sekedar minum di mall atau cuci mata, mungkin tidak terlalu membosankan, tapi ini dirumah saja. Bagaimana caranya mengatasi masalah ini, agar kita tetap semangat dalam bekerja dirumah.

Ada beberapa cara yang coba saya lakukan memasuki minggu ke empat Work From Home ini agar dapat kembali prima dan segar menghadapi situasi seperti ini.

Ubah posisi meja kerja

Mungkin cara ini membuat anda sedikit lelah, karena memindahkan posisi meja kerja anda dirumah, atau kalau terlalu ribet dan susah untuk memindah meja kerja, carilah meja kecil yang mudah untuk diangkat-angkat, setiap hari anda bisa menyesuaikan ingin kerja di mana, misal di kamar, di ruang tamu, di ruang keluarga, di teras depan, atau teras belakang, atau mungkin diruang mushola rumah anda.

Intinya tidak membuat anda berada satu hari atau dua hari di tempat yang sama, buat ruang kerja anda senyaman mungkin, anda juga bisa sambil mendengarkan musik atau kajian-kajian, atau kalau mulai rasa jenuh muncul liat-liat you tube hal-hal membuat anda tertawa dan gembira.

Ubah Latar belakang komputer

Hal yang kedua yang bisa anda lakukan adalah mengubah atau mengganti latar belakang komputer atau laptop yang anda gunakan, misal gambar gunung, gambar pantai, goa, tanaman, binatang, atau saat anda mengadakan vidio conference juga bisa mengganti screen, latar belakang anda, sehingga tidak membosankan, screen kalau bosan dengan foto bisa anda ganti dengan vidio, sehingga seolah-olah anda ada di tengah-tengah vidio tersebut, asal jangan terlalu ramai, sehingga nanti peserta vidio conference bisa gagal fokus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline