Lihat ke Halaman Asli

Misbah Murad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Critical Issues dan Key Success Factors dalam Mengimplementasikan Corporate University

Diperbarui: 10 Februari 2020   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kompasianer,

Masih dalam program bedah buku yang diterbitkan oleh PT. Swasembada Media Bisnis dan PLN Corporate University, kali ini yang di bedah masih bagian III "Faktor Kunci, Sistem, Dan Struktur Organisasi Corporate University" pada Bab 8, sebuah tulisan yang duat Maria Ellen Fransisca Yuriaan, alumnus Universitas Indonesia jurusan matematika, study informatika di Universitas Gunadarma dan businis analytics di Singapore Management University, beberapa jabatan penting dijabat di Citibank Indonesia, Bank Danamon, di HSBC dan sekarang kembali di Bank Danamon.

Judul buku yang dibedah "Critical Issues dan Key Success Factors dalam Mengimplementasikan Corporate University"

Coporate University dan Budaya Belajar

Budaya belajar yang ada masih memerlukan bantuan atau bimbingan dari orang lain, atau lebih tepatnya: memerlukan ruang kelas karena masih menggunakan metode klasik. Budaya belajar ini mulai bergeser kea rah individual learning atau otodidak dengan masuknya generasi milenial. Reaksi penolakan muncul dari para trainer dan pegawai ketika mengubah metode pembelajaran dari classroom menjadi e-learning.

Kemajuan teknologi mendorong kemajuan pada aplikasi untuk pembelajaran, atau metode pembelajaran berbasis digital, seperti learning management system (LMS) dan e-learning.

Yang menarik dari fenomena corpu adalah berbagai industry di Indonesia mulai percaya bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan konsep corpu akan jauh lebih efektif dan efisien. Hal ini pula mendorong budaya organisasi dan budaya belajar (learning Culture) Organisasi tersebut tumbuh sangat signifikan.

Organisasi dan kelembagaan pembelajaran

Organisasi & kelembagaan pembelajaran mempunyai peran penting terhadap kesuksesan corpu. Setiap organisasi dan kelembagaan pembelajaran diharapkan dapat menjadi sponsorship sebuah corpu. Organisasi harus dapat menjadi inisiator dan mempunyai business issue tersebut melalui kendaraanya yang disebut corporate university.

Komitmen Pemimpin

 Ada tiga komponen penting dalam pengembangan Corpu yaitu:

  • Sumber daya manusia (people)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline