Lihat ke Halaman Asli

Misbah Murad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Strategi BCA Membangun Organisasi Pembelajaran yang Unggul

Diperbarui: 9 Februari 2020   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kompasianer,

Kali ini saya mencoba membedah buku yang diterbitkan oleh PT. Swasembada Media Bisnis dan PLN Corporate University, kali ini yang dibedah pada bagian III "Faktor Kunci Sistem, Dan Struktur Organisasi Corporate University" pada Bab 7, sebuah tulisan dari Lena Setiawati saat ini menjabat sebagai Head of Learning and Development BCA yang diembannya sejak tahun 2007. Berbagai jabatan telah dia duduki selama berkarier di Bank BCA. Alumnus Arsitektur Universitas Tarumanegara dan melanjutkan di IPMI, serta meraih gelar MBA di Monash University, Australia.

Judul buku yang dibedah "Strategi BCA Membangun Organisasi Pembelajaran Yang Unggul" 

 

Strategi BCA Membangun Organisasi Pembelajaran yang Unggul

BCA Learning Institute mulai beroperasi pada tahun 2016. Lokasinya berada di Sentul, Bogor. Awalnya BCA Learning Institute merupakan salah satu bagian dari unit kerja Human Capital Management dengan nama Training Centre BCA. Kemudian terpisah menjadi unit kerja sendiri dengan nama Divisi Pelatihan dan Pengembangan, kemudian berubah lagi menjadi Divisi Pembelajaran dan Pengembangan di tahun 2012. Perubahan nama ini melukiskan perubahan cara pandang, bahwa learning (belajar) memiliki arti yang lebih luas daripada training (pelatihan).

Misi BCA Learning Institute adalah menyiapkan SDM yang andal dan profesional melalui pembelajaran dan pengembangan SDM sesuai kebutuhan BCA dan Group BCA. The BCA Way: sebutan untuk tata nilai BCA yang terdiri dari: Customer Focus, Integrity, Teamwork, dan Continous Pursuit of Excellence; merupakan platform membangun kapabilitas organisasi.

Mengadopsi Sustem Pembelajaran Corporate University

Dalam mengembangkan sistem pembelajaran, konsep yang diusung BCA adalah mengadopsi metode Corporate University. Leadership dan BCA Way merupakan landasan bagi empat pilar besar pengembangan SDM yaitu:

  • Learning development cycle
  • Leadership development
  • Knowledge management
  • Learning technology

Dalam learning development cycle, terdapat learning value chain yang meliputi: LNA, learning design, learning delivery, dan learning evaluation.

BCA Learning Institute memiliki beberapa kelompok solusi pembelajaran yaitu: reguler training, trainee program, specific program, external training, dan work-life balance program. Dalam menciptakan learning needs analysis, metode yang digunakan seperti biasa yaitu mempertimbangkan government policies, corporate goals, critical jobs holder, competency gap analysis, new training method, dan evaluation result.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline