Lihat ke Halaman Asli

Misbah Murad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Batik Merupakan Pakaian "Berkelas"

Diperbarui: 2 Oktober 2019   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity.

Hari ni sepuluh tahun yang lalu tepatnya 2 Oktober 2009 UNISCO menetapkan "Warisan kemanuasiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, ya....hari ini Hari Batik. Sebagai mana dulu hampir saja Negara tetangga menetapkan Batik adalah warisan leluhur mereka.

Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah digunakan sejak dahulu kala, zaman dahulu kalau kita melihat dari dokumentasi yang ada, batik merupakan pakain sehari-hari yang dipakai oleh leluhur kita, kalau dari silsilah Batik berasal dari Bahasa jawa ambhatik, ada dua kata yaitu amba dan bhatik, amba sendiri berarti lebar luas kain, sedangkan bhatik berarti titik, yang kalau diartikan membuat titik-titik dikain yang lebar atau luas.

Popularitas batik semangkin meningkat, hampir semua daerah memiliki kain khas batik daerahnya, beruntung sekali saya dan istri banyak mengkoleksi kain batik dari berbagai daerah, karena di samping saya pernah bertugas di 23 provinsi yang ada di Indonesia, juga setiap kali kami mengadakan perjalanan atau kunjungan kedaerah lain yang di beli adalah batik daerah tersebut.

Saat ini batik sering digunakan sebagai pakaian formal, setiap instansi dalam satu minggu ada satu hari wajib memakai kain batik daerah masing-masing, batik tidak lagi dianggap sebagai pakain kuno tetapi sudah menjadi pakaian yang berkelas dan sangat elegan, saat ini malah banyak batik yang di modifikasi, bahkan banyak yang memadukan dengan hiasan-hiasan baik di hotel, rumah maupun perkantoran, seperti sarung bantal, karpet, sofa dan lain-lain.

Hari ini saya menggunakan batik Jawa Timur, tapi saya lupa ini dari daerah mana, karena Jawa Timur banyak, dan saya tidak menandai, tapi kalau tidak salah dari Madura. Selamat Hari Batik.

Bogor, 02102019




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline